Senin, 04 November 2013

This is us, Siswa Basic Aircraft Maintenance Lion Training Center (BAM LION batch 7 & 8)

Tanggal 16 september 2013 kemarin adalah hari yg berkesan buat gw dan mungkin 59 orang lainnya dari all lion technic division (perwakilan dari Line Maintenance, Schedulle Maintenance, dan Heavy Maintenance) . Kenapa? Karena kita semua akan mulai masa orientasi.

Jadi gini deh simpelnya, kita semua (60 orang) yg berhasil lolos dari hasil seleksi sekitar 300an teman sesama mechanic non basic akan mulai masuk sekolah BAM batch 7 & 8 (Basic Aircraft Maintenance) yg diselenggarakan oleh perusahaan kita tercinta Lion Air. Hahaha.

Jadi sekolah BAM ini dikhususkan bagi karyawan/mechanic non basic yg sudah bekerja minimal 1 tahun di divisi masing-masing untuk mendapatkan basic license A1 (airframe) dan A4 (turbine engine). Basic license ini adalah lisensi wajib bagi mechanic untuk mendapatkan pengakuan secara sah dari negara bagi tiap-tiap pemegangnya. Dengan memiliki basic license ini diharapkan kita memiliki tanggung jawab yg lebih dari setiap pekerjaan yg kita lakukan, dengan basic license ini pula kita bisa upgrade karir dari seorang mechanic menjadi seorang engineer yg tentunya ada banyak kriteria dan kewajiban-kewajiban yg harus dilewati. 
Sekolah yg akan berjalan selama 18 bulan (18 bulan? yg artinya gw juga bakal LDR'an n sampe detik ini udah jalan 2bulanan) ini dimulai dengan masa orientasi, selama 5 hari. Agak ngga ngeh juga gw pertama denger kata “orientasi”. Gw kira tuh bakal yg gimanaa gitu, biasa aja pengenalan tentang LTC (Lion Training Center) itu apa, ngga taunya jadi kaya MOS jaman gw sekolah dulu di STM. Ada
resimen segala. Hayahhhhh.

Beda dengan pelatihan untuk Pramugari dan Pramugara, mereka berada di LTC ini hanya sekitar 3-4 bulan saja. Jadi kalo ada batch dari mbak-mbak pramugari yg masuk kelasnya bareng kita, mereka udah dipastikan ngga akan ketemu kita lagi disini, yg ada pengganti-penggantinya deh, jadi 18 bulan fresh deh pemandangannya beda-beda. Karena setiap bulan ada yg lulus ada yg baru masuk *ehhh becanda deng. Hahaha.
Dan para Siswa Pilot yg rencananya kalo ngga salah cuma 8bulanan mereka ground school disini juga. 

Dengan menaiki Bus Shuttle didampingi satu instruktur sebut saja namanya Bu Nining (tapi anak2 batch 8 sih manggilnya mamah, yg penampilannya bisa dibilang “wawwww”, maklum Instruktur disini yg saya tau semuanya laki-laki yg sudah berkeluarga, jdi wajar liat Ibu Kartini satu rasanya gimanaa gitu. hhe) kita berangkat dari komplek bandara mas ke LTC yg lokasinya lumanyun jauh, Balaraja tepatnya di komplek Talaga Bestari. Yup sesampainya disana kita disambut sama resimen yg siap membimbing kita selama 5 hari. Hmmm mungkin gw ga akan banyak cerita ada apa aja selama 5 hari itu, yg jelas kita full kegiatan tiap harinya. Dari jam 4 pagi sampe jam 10 malam.

Bangun pagi jam 4 sekalian persiapan shalat subuh berjamaah.  Abis subuh lanjut olahraga pagi, trus istirahat bentar sekalian bebersih, mandi, lanjut sarapan pagi trus cuss ke LTC buat dapet materi yg beragam (kadang masuk classroom kadang dilapangan buat kesemaptaan and PBB). Break di waktu zuhur trus lanjut lagi materi kelas/PBB, sampe ashar, lanjut lagi kegiatan sampe jam 5an. Balik ke Mess buat korvei and persiapan shalat maghrib trus istirahat sampe Isya, shalat berjamaah lagi nahhh abis itu kegiatan agak mendingan deh sante2 gitu bareng senior. Hahaha. Yaaa sebenrnya mending tidur sih dimess. Hahaha capek kan ceritanya.

Dan itu semua kita lalui dengan riang gembiraaa *prettttt hahaha, yaaaa ada sih dongkolnya, maklum udah 4tahun (gw pribadi) ngga kenal sama istilah senior junior ala sekolahan ehh disini dimulai lagi. Tapi ngga apa-apa lah yaaa toh demi kebersamaan juga, demi kekompakan, nantinya juga semua ini bakal kerasa efeknya setelah lulus n kerja lagi. Yaa pasti segi positifnya ada. Jujur gw dapet kekompakan maksimal selama ada di batch * ini, padahal baru berjalan yaa belum sebulan lah. Tapi anak-anaknya udah kompak aja. Ngga ada yg besarin ego masing-masing. Good lah. Hhe

Finally diakhir cerita orientasi kita ada upacara penyematan, yg artinya kita udah SAH? SAHHHHHH....!!!! 
yup, Alhamdulillah kita udah sah jadi siswa didik BAM Lion selama 18 bulan kedepan.
doakan kita semua lulus yaa kawan.
biar bisa selangkah lebih dekat jadi apa yg udah kami cita-citakan semenjak tanda tanga kontrak pertama disini.
be an ENGINEER.
aamiin.
=D


ini waktu orientasi, keren yeee gundul2 mengkilat gitu. hahaha

ini gw bareng Kemal, perwakilan Sta Jog, harusnya ada satu lagi namanya si Alan, cuma ngga narsis bareng kemaren.




 
 Bam 7 bareng Resimen

ini baru Bam 8 yang cetar membahana nan kece2 itu. hahaha B-)


with my Honey a.k.a si Gembong cimi-cimi. hahaha =)) yg bilang ke'kece'an gw berkurang semenjak gundul kaya sekarang. hadeuhhhh... x_x

nb:19.37 BBWI waktu leptop kece

6 komentar:

  1. Salam kenal dari saya Bang, nama saya Rohim.Selama ini saya ikuti terus blog Abang.O ya Bang, kalau boleh tahu proses Madeknya Mekanik Lion bagaimana ya Bang?.Saya besok jumat Madek di Solo.Bagi informasinya ya Bang!,terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah, baru saya bales komennya, maaf mas sebelumnya.
      Btw gimana proses medexnya kemarin? Kalo sekarang berarti udah join dong berarti ya? Selamat datang di area kerja yg sesungguhnya..
      :)

      Hapus
  2. Bang besok ane training di BTS LTC Balaraja, apa iya trainingnya persis sama foto yang di blog samean?

    BalasHapus
  3. Insya Allah sama persis. 😊. Yaa beda-beda tipis lah karena hanggar yg di foto itu sekarang udah diganti jadi Lion Boga.
    Btw selamat datang and bergabung di LTC Mas. Hhe.

    BalasHapus
  4. Mas tri mas tri haha.
    Btw samean juga selamat bergabung di LMC CGK hehe. Sukses terus lah buat blog nya :D

    BalasHapus
  5. kalo boleh tau daftar jadi mekanik dari fresh graduate itu gmana? dan juga lulusan dari jurusan apa serta ada syarat mata minus nya apa ngga? sebelumnya terima kasih

    BalasHapus