Selasa, 13 Januari 2015

Inilah kami PASKIBRA PANCAMANAH SMPN 5 BOGOR.

Paskibra pancamanah atau disingkat jadi Paspanah.
Disanalah tempat gw belajar berorganisasi secara total. Yaa ngga total-total banget sih sebenernya. Sebelumnya di SD ikut pramuka. Baris yaa baris, persami yaa ngikut aja. Nah di pancamanah inilah sebuah kesempurnaan tercipta.

Lagi ngomong apa sih Ndi? 
Ngga tau... hahaha

Jadi ceritanya gini. Dulu pertama masuk SMPN 5 Kota Bogor yang kerennya kebangetan itu. Gw dihadapkan banyak pilihan untuk bergabung di ekstrakurikuler sekolah.
di organisasi ada: OSIS, MPK, PMR, PRAMUKA dan PASKIBRA.
Di bidang olahraga ada: Karate, basket, sepakbola, ice skating, terjun payung, menyelam, dan pecinta alam. Hahaha boong deng. Abaikan 4 olahraga yg terakhir.
Ada KIR (Karya Ilmiah Remaja).
Ada juga seni tari, seni musik, dan apa tuh namanya yg buat drama-drama gitu? Lupa namanya. Si Toriq yg gabung waktu itu.
Dll yg ngga kesebut.

Dari sekian banyak opsi, gw tertarik banget sama Paskibranya. Mulai dari display perdana waktu hari terakhir MOS sampe seragamnya yg gw bilang keren.
Di satu sisi juga gw pengen ikut Pramuka. Yaa you know lah organisasi terbesar di Indonesia ini emang ngga kalah eksis dibanding yg lain. Tapi karena displaynya kurang menarik udah gitu anggotanya ngga banyak-banyak banget. Akhirnya gw memilih Paskib. Oiya ada formulirnya jga waktu itu buat pilih organisasi apa yg kita mau. Jadi ngga sembarangan masuk trus keluar. 



Skip skip skip. Ada tahapan Bintal (bimbingan mental) dan Bintur (bimbingan instruktur) yang harus kita lewati demi keabsahan kita sebagai anggota pancamanah 5. Hmm bahasa gampangnya, bintal buat dapet kaos PDL, bintur buat dapet baju PDH. Hahaha.

Inti dari gabung ke paskib ini adalah belajar gimana caranya berorganisasi. Belajar gimana caranya biar kita jadi pribadi yg peduli akan sekitar kita. Bisa berbicara didepan orang banyak. Berani berkata benar. Dan belajar tentang arti kesetiakawanan.
Kita ngga hidup sendiri, ada teman-teman yang selalu siap membantu saat susah dan turut bahagia saat kita senang. masa remaja, dipancamanah lah gw ngerasain hal itu.
Keren banget emang ni organisasi. Walau dari luar (mungkin) keliatannya kita cuma belajar baris-berbaris aja. Kalo panas kepanasan, ujan yaa neduh masa mau ujan-ujanan. Hahaha.

Ngomong-ngomong soal baris-berbaris ngga lengkap juga kalo ngga ngomongin Lomba Ketangkasan Baris-Berbaris (LKBB). pernah ikut beberapa event namun sebuah kebanggaan terbesar gw adalah saat ikut LKBB Balaikota tahun 2005 (CMIIW). Pasukan kita menang. 
Juara 1 grup C dan juara 2 di final.
Kalo ngga salah posisi pertama Smp 7 dan posisi 3 ada Smp berapa yaa? Lupa, ngga penting juga sih diinget yg penting juara 2 ditangan. Hahaha #tengil.
Ini adalah misi balas dendam dimana di tahun sebelumnya kita kalah mentah-mentah difinal dan cuma bisa meratapi nasib, gelisah dan gundah gulana (dulu galau belum tenar yee bahasanyee). 
Berbekal tekad and semangat bawa pulang piala ke sekolah (yaa biar eksis juga gitu, biar namanya dipanggil kedepan pas upacara trus dikasih ucapan selamat sama kepsek and guru-guru sambil senyum bangga depan fans. Hahaha nambah nilai jual ceritanya mah). 


Kalo ngga salah ini pasukan LKBB 2004. Komandannya Kang Bima PP (pulang pergi)
dan MCnya Teh Siska
Gerbong belakang khusus wanita. 
Ada gw tuh nyempil. Bulet-bulet gimana gitu. Hahaha
Teteh-tetehnya gareulis, akang-akangnya karasep. Subhanallah.. 
Teh Nadira sama Teh Rayani. Lagi nyiapin sarapan pagi paling enak sejagat.
Mie Jahanam. Huehehe ada yg inget rasanya?

Dan kembali ke tahun 2015. Prestasi yang kian merosot akhir-akhir ini membuat alumni angkatan 13 terpanggil jiwanya untuk melihat dan mencoba membenahi serta membantu apa yg kurang selama ini, apa inti permasalahannya kok bisa sampe separah ini? *asikkkk kaya orang bener aja gw komentar mulu.
Tapi jujur ini parah. Kita udah ngga diperhitungkan dimata internasional. Inggris udah ngga ngeri lagi liat kita. Italia, Belanda, Jerman, Prancis. Mereka semua mengacuhkan kita, mengabaikan kehadiran kita saat lomba. Hahaha oke ini lebay.
Maksudnya SMP lain yg dulu jadi rival abadi kita. Sebut aja SMPN 1, SMPN7, SMPN 12. Yg lain B aja soalnya. Dulu itu dulu. Tapi apa iya kita bakal terus ngebanggain kata "dulu". Enggak guys. Kita harus bangkit. Kita harus bisa jadi yang sekarang. Yang lebih baik dari yang dulu.

Semangat adek-adek angkatan 20-23 generasi sekarang ini. Kalian pasti bisa mengembalikan kejayaan pancamanah seperti dulu. Nah tuh gw ngomong dulu lagi.
Kita bikin bangga pendiri pancamanah ini
Kang Zaky Wafu. Kang siapa lagi tuh gw lupa. Ada 3 pokoke di history berdirinya organisasi ini.

Semangat...!!!!
Beuh beda 10 angkatan tjoy. Berasa tuwir. Padahal kan.. emang tuwir. Hahaha
Badanku dulu tak begini, tapi kini tak cukup lagi. Kata naufal.

Btw thanks buat Teteh Pradita Seti Rahayu yang masih nyimpen foto-foto jadul kita.

Dan buat temen-temen pancamanah angkatan 13. Kalian luar biasaaaa....
Fahmi, Karbala, Naufal, Agus, Wahyu, Qoiman, gw, Indra, Dita, Yusuf, Ifan.
Dinda, Meida, Dewi, Nadira, Aisyah, Ndung, Aski, Mega, Desti, Herna, Ting-Ting, Siska, Rayyani, Yayu, Wise, Reyna, Sandra, Salsa, Desi, Alliyah, Lanny dan Devina
Foto fenomenal, tapi sayang formasi ngga lengkap nih ada yg ngga hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar