Minggu, 05 Januari 2014

Teknisi itu. keren !!!

Ya ya yaa. Tiba-tiba gw terbersit ide buat nulis ini.
Perbedaan mendasar pertanyaan orang awam tentang apa itu Teknisi dan apa itu Pilot.

Orang Nanya: “Mas kerjanya dimana?”
Gw: “Di Airline Mas”.
Orang nanya: “Jadi apa? Pilot? ” #Antusias
Gw: “Bukan Mas, dibagian Tekniknya (Mekanik Pesawat)”
Orang nanya: “OWWWW, Teknik toh, itu kerjanya ngapain aja Mas? #muka bloon bingung.
Gw: “Makan baut sama ngejus oli doang”
Hahahhahaa

Dan apa yg terjadi kalo mereka ngobrol seputar kerjaan dan kebetulan disebelahnya itu Pilot.
Orang Nanya: “Mas kerjanya dimana?”
Gw: “Di Airline Mas”.
Orang nanya: “jJadi apa? Pilot? ” #Antusias
Gw: “Iya mas, Pilot”
Orang nanya: “WIIHHHHH” *ga pake ekspresi bingung and agak takjub gitu.

       kejadian diatas pernah gw alami sendiri pas temen SMP nanya kerjaan, ngga cuma temen SMP sih, sodara jga pernah ada yg nanya. hahaha oke gw tau ini ngga penting.

Nb: jadi yaa itu, bedanya Cuma di OWWWW sama WIIHHHH doang, hahaha. Ngena banget kan yaa? Yg ngomong OWWWW mukanya mendadak oneng, yg ngomong WIIHHHH mukanya heboh benerrr. 
       
       Emang sih kebanyakan orang awam bingung sama kerjaan kita. Yaaa paling yg mereka tau itu kalo Teknisi atau Montir, dimanapun kerjanya, di darat, laut, udara, taunya cuma ngedandanin doang *yaa Illah ngedandanin, make up artist kali ah pake dandan.  Padahal, kerjaan kita kan ngga kalah keren broo, ehmm khususnya buat adik-adik yg lagi bingung nyari cita-cita (target sasarannya anak SD, yg kalo ditanya cita-cita jawabnya itu-itu aja).

Guru: “Trie kalo udah gede mau jadi apaaa?”
Trie: “Jadi piyott buuuu guluuuu”
Guru: “Baguss, belajar yg rajin yaa nak biar tercapai cita-citanya. Kalo Andi udah gede mau jadi apa?”
Andi: “Mau jadi Tentalaa buuuuu, siap glakkkk, holmat glakkkkk!!!.” Sambil ngegaya kaya tentara.
Guru: “Wahhh hebat, kalo gitu harus rajin olahraga yaa biar fisiknya kuat nanti jangan lupa belajarnya juga. Truss coba kamu Suhar,  cita-citanya apa?”
Suhar: “Kalo suhal mau jadi Doktel, biar bisa sembuhin temen-temen suhal yg sakittt” (hahaha iklan si Cila).
Guru: “Nahh Suhar jga harus byk belajar yaa. Ayoo Harso kamu jadi apa nanti?
Harso: “Mau jadi Montil pesyawat buuuuuuuuuuu guluuu, bial bisa ngebetulin pesyawat n hati ibuuuuuuu” *kedip2 genit ;;)
Guru: *syutttt lempar kapurr
Harso: *nangkep kapur
Guru: * lempar penghapus
Harso: *nangkep penghapus
Guru: *lempar Pulpen
Harso: *nangkep pulpennya
Guru: *bingung mau lempar apa lagi, akhirnya lempar cinta
Harso: *nangkep cintanya, dan mereka pun jadian, *hahahahhahaha ngawur parah nihhh cerita.

       Jadi intinya, jarang n sedikit sekali anak-anak kecil yg tau apa itu Montir, harusnya tuh yaaa tugas guru lebih menekankan lagi apa itu Teknisi dan profesi lain yg kurang tenar. Jadi biar masuk ke daftar cita-cita idola mereka gitu lho. Yaa jujur sih dulu gw pas ditanya cita-cita, dari jaman masih piyik sampe jadi kece gini, kalo ditanya pasti langsung jawab. Ehmmm. Tentara. Gilaaa jatuh cinta bgt gw sama cita-cita ini, sampe bertahan 12 tahun. Cuma sayang, gw sama cita-cita gw harus putus, kita ngga bisa lagi bersama, waktu dan keadaan yg memaksa gw buat mutusin cita-cita gw. Padahal gw dah sayang banget sama si cita-cita, kita bahkan jarang banget berantem. Tapiii.... hahahahaha oke gw tau gw mulai ngawur lagi.

       Nah menyinggung di paragraf diatas, tentang peran aktif seorang guru itu perlu banget menanamkan apa itu cita-cita ke anak didiknya. Jadi ngga Cuma itu-itu aja yg ditonjolin. Ada contoh lagi gw.
Awal gw pendidikan di Balaraja ini, setiap pagi kita diwajibin jalan bareng satu kelas dengan ngebentuk barisan 2 2, atau bahasa kerennya 2 banjar dari Mess ke LTC (Lion Training Center). Ga jauh dari situ kita selalu lewat TK (Taman Kanak-Kanak) yg kebetulan jam 07.30 BBWI itu jamnya anak-anak TK belum masuk kelas. Apa dong pemirsaaaa, setiap pasukan kita lewat (sangar-sangar lhoo padahal, tampang gahar, item, botak gundul, idup lagi) ngga disangka-sangka apa yg diteriakin anak-anak TK itu seolah memporakporandakan bayangan kita akan kerennya kita jalan rapih bareng satu pasukan depan mereka.

“ada PRAMUGARAAAAA, woyy temen-temen, ada PRAMUGARAAAAA...”
“PRAMUGARAAA....PRAMUGARAAAAAAA” sambil ngetos-ngetosin tangannya ke kita yg lagi jalan, ada lagi yg ninju-ninju sambil nendang-nendang, ada yg dari jauh Cuma ngeliatin trus manggil temen-temennya, ada juga yg narik-narik bajunya sambil nunjuk-nunjuk ke arah kita. 

       Lahh itu Ibunya pada diem aja ngeliat kelakuan anaknya. Hahahahaha. Lucu sih tapi miris, giliran Pramugara yg beneran lewat mah didiemin. Hahahaha. Kadang pengen tag jewerin itu anak-anak klo lagi tereak-tereak heboh gitu trus bilang ke mereka.

“adik-adik yg pinter-pinter, Pramugara itu ngga sekeren kita-kita keleusss”. Kwkwkwkw.

gundul-gundul JOSSS...

ini ceritanya lagi praktek, yaa yg udah tau pati ngerti lah kita lagi ngapain. yup. ngikirrr sampe siku sodara-sodara...

hmm gambar ini boleh lah diabaikan sementara, gw cuma pengen eksis aja nampang disini. hahaha.

kalo ini lagi latian ngebor, mau ngalahin Inul Daratista kayanya, pada serius2 gitu mukanye, ebusehh sante ajee bang..

kalo yg lain lagi serius ngegores benda kerja, si Hendra lain cerita, latian niup terompet tahun baru pake jempol. hahaha. oke gw tau lawakan gw garing.

      Yahhh gw bukan ngerasis atau apa, emang kerjaan ini ngga terlalu keliatan atau apa dimata orang. Bahkan cewek gw sendiri pun baru jawab jujurnya tadi pas lagi iseng ngobrol  masalah kerjaan. Jadi kalo misalnya kita lagi ngebahas masalah kerjaan atau pas nelpon ngejelasin tadi abis ada praktek or ujian apa gitu. Dia pasti Cuma jawab ohhh, iyaaa, belaga ngerti gitu, giliran ditanya,

“ayank ngerti ngga maksudnya?”

ngga, aku iya-iya aja, abis keliatannya seru”.

*duaarrrrrrrrrrrrrrrrrrr. Jujur apa polos bosss. Hahahhaa

       Dasar yeee, giliran dia lagi njelasin tentang materi pelajarannya mah gw ngerti, apalagi kalo lagi njelasin materi demo safety yg baru dipelajarin minggu kemarin, girang bener dia, lah pramugari pan emang selalu keliatan kalo lagi kerja, jdi udah apal gw dikit-dikit mah mereka ngapain aja di pesyawat. Hihihihi.
nah kan, foto bareng si Honeynya miring. buat yg mau liat jelas itu leptop atau tab atau komputer atau hapenya boleh kok diputer 90 derajat searah jarum jam. hahaha
       Oke lepas dari itu semua, yg mau gw tekanin disini adalah. Mekanik/Engineer itu ngga kalah keren broo, soal kerjaan yaa udah lumayan ada yg gw singgung ditulisan gw sebelumnya, n pastinya nnti pasti bakal nyusul sedikit demi sedikit. Biar lebih familiar lagi. Apa itu Aircraaft Technician, dan bagian-bagiannya. Karena kita ini terbagi di beberapa bagian (aduh nyebutnya apa si, kalimatnya bingung ane)
Contoh sederhana, di perusahaan gw ini kita dibagi jadi 4, yaa lebih sih sebenrnya tpi gpp deh yaa 4 dulu aja..

Line Maintenance (ini teknisi yg sering ketemu penumpang, dan kalo kalian jadi penumpang khususnya di Lion Air, coba perhatiin pas naik pesawat, ada cowok-cowok kece (yaa tetep yg paling kece itu gw) pake Rompi ijo dan di bagian punggungnya ada tulisan “LION TECHNIC”. Saku depan ada tulisan “MECHANIC atau ENGINEER” udah dipastiin itu anak LM)).

F4 (baca: ef tse)
kalo pesawat mundur jangan heran tiba-tiba pas kalian liat jendela liat 2-3 orang menjauh dari pesawat, itu kita lagi pushback, memastikan kalo dibawah area clear, aman dan siap buat terbang. so tugas kita selesai di ground. tapi enggak dengan tanggung jawab keselamatan kalian. karena sebelum pesawat kalian landing ditempat tujuan, kita masih belum bisa nyaman perasaannya, waswas, takutnya kenapa-kenapa yaa walaupun dikantor nunggunya sambil ngopi-ngopi. hha
kalo ini lagi refueling, kalo kalian beruntung bisa liat prosesnya pas lagi boarding. yaa syaratnya duduknya di seat kanan pesawat.
ini lagi ngisi Oli. sambil narsis, jadi yaa kaya gini deh. hahaha
ini lagi nonton TV. hahahaha becanda.
ini sih lagi ngeksis. preflight check (istilah gampangnya tuh ngecek kesiapan pesawat pagi-pagi sebelum terbang pertama di hari itu.

Schedulle Maintenance (nah kalo ini orang-orang yg kerjanya malem, shiftnya malem terus mereka. Tugasnya yaaa inspeksi kelas menengah. Rincinya kapan-kapan dibahas)

mereka adalah orang-orang yg lupa rasanya kerja ketemu matahari itu gimana. hihihi
ahh gw inget banget, dapet jatah AMC. 
Heavy Maintenance (biasanya disebut anak hanggar, yups merekalah yg tugasnya itu menginspeksi kelas berat. Berhubung belum pernah ke hanggar jdi nnti deh diceritain lebih rinci pas udah ada pegalaman kesana)

EBU atau Engine Build Up (duh itu built atau build gitu ane lupa. Hihihihi) pokoke mereka nanganin khusus bagian Engine aja. Beuhh salute lah sama mereka.
yaa foto ini  mewakili lah kerjaan anak EBU kalo pas engine nya lgi ngepakin sayap. tuh liat kebuka, itu kalo ngga ada penyangganya terbang tuh engine. hahaha


Jadiii. Teknisi itu keren, ayooo buat yg masih bingung apa itu Teknisi Pesawat. Buruan daftarrrr watu terbatassss (apasiiiii ndiii gaje gitu. Hahahaha).
Udahan ahh udah malem. Bsok-besok lagi dilanjut.
Sooo, bye.

Nb: 00.10 BBWI waktu di leptopnya peyek (nebeng ngetik), dikamar.


39 komentar:

  1. Good enough, besok dikembangin lagi ya tulisannya, mantab ada foto gw, hahahaha . . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks udah mampir mas. hhehehe..
      iya dong ada, bisa kualat masa group leader ngga ditampilin fotonya sementara yg lain ada. hahaha

      Hapus
    2. sipp masanyas ,jadi tertarik kesana nihh , meski awalnya pengen jadi pilot :D, ohh iya kalo boleh tanya A1 sama A4 nya dulu ngambiil dimana..?

      Hapus
    3. Ayo join mas. Hahaha. Jadi ceritanya cita-cita tak sampai nih? Woles, kan kerjanya masih di area pesawat juga toh.
      Ini masih proses ambil basic license, kebetulan Lion Air punya program buat trainingnya. Lion Training Center di Balaraja.
      :D

      Hapus
  2. Permisi mas , Kalau mau nanya2 seputar Mekanik LION boleh ga mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo mas, silahkan. mau disini boleh, lewat message FB juga boleh.
      https://m.facebook.com/trie.a.suharso?mc=tFeq_SPuVKMW

      =D

      Hapus
  3. Mantap... proud to be technician...

    BalasHapus
  4. keren bro...
    lion and wings air technician...
    (y)

    BalasHapus
  5. kereeen bang... oiya kalo mau jadi teknisi pesawat itu harus dari jurusan penerbangan atau semua (SMK) jurusan teknik? Terus, teknisi itu harus laki2 atau perempuan juga bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Makasih ya.
      Hmm untuk jadi teknisi pesawat ada banyak jalurnya kok.
      Kalo dari SMK penerbangan biasanya langsung bisa kerja.
      Kalo untuk selain dari penerbangan (SMA IPA, SMK teknik mesin dll) juga bisa, dengan syarat ambil basi license terlebih dahulu seperti di STPI, UnNur, ATKP dll yang memang ada jurusan TPU (teknik pesawat udara).
      Nah kalo di Lion sendiri bisa tuh langsung ngelamar and nantinya bakal ditraining di LTC sebelum turun ke lapangan.

      Cwe cwo bisa kok. Kalo mau liat yang cwe-cwe boleh tuh dibaca artikel lainnya: "Kartini yang ngga takut oli"

      :D

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Bang kalo dari sekolh tinggi swasta bosa gak

    BalasHapus
  8. Mau tanya mas, kalo lulusan d3 teknik mesin di line maintenance gmn jenjang karirnya ya? Dan untuk tes medex apa aja nih tips2nya, kebetulan saya akan tes kamis
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf mas baru dibalas. Saya jarang cek email.
      Untuk D3 bila sudah memiliki basic license otomatis akan disekolahkan untuk type rating yang artinya mas bakal langsung jadi mekanik senior.
      tapi bila belum punya basic license nantinya akan ada sekolah BAM dari lion sendiri.
      Btw gimana tesnya mas? Sudah lulus?

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. kalo mau jadi mekanik pesawat kuliahnya ambil jurusan apa ya kalo boleh tau ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disarankan ke sekolah khusus untuk Teknik Pesawat Udara mas. Seperti STPI curug atau Unnur atau ATKP..

      Hapus
  11. Hahha....lucu n bagus mas tulisannay.dulu cita cita bgd jadi teknisi.tapi gak kesampaian.sekarang jadi FA nya pun gpp deh...hehe.samapi ketemu di lapangan mas mas teknik,atau di LTC/ATC balabala.wohahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh hebat. Jarang-jarang ada cwe yang cita-citanya jadi teknisi lho Mbak.
      Tapi ngga apa-apa, tugas di ground biar kami yang handle. Haha.
      Oke see you di pesawat Mbak.. kalo ketemu sapa aja. Yang pake rompi ijo ya, bukan oranye (masih belum). 😂😂😂

      Hapus
  12. Mantap broo,mainan oli itu memang asik walaupun terkadang dipandang sebelah mata..
    Boleh dong bagi2 ilmu mesin pesawat? Penasaran sistem kerja nya

    BalasHapus
  13. Mantap broo,mainan oli itu memang asik walaupun terkadang dipandang sebelah mata..
    Boleh dong bagi2 ilmu mesin pesawat? Penasaran sistem kerja nya

    BalasHapus
  14. Wah kerjanya line maintenance juga, sama kaya adikku di Lion Air pula. Siapa tau kenal sama yang namanya Ecky Nugraha??

    BalasHapus
  15. Mas, aku mau nanya. Gimana yah cara jadi teknisi kayak sampean? Dari lulusan smk, lewat pendidikan apa? Dimohon penjelasannya.

    BalasHapus
  16. Mas mau tanya klo mau jdi engineering Kaya mas, tpi saya sdh kuliah di jurusan t.mesin,saya sdh selesai cma ma kerja kya mas gmna caranya mas? Apa hrus pendidikan lgi atau kita langsung Lama. Ke perusahaan yg bersangkutan mas?

    BalasHapus
  17. Saya ada panggilan interview di lion balaraja tuk mekanik..interviewnya kya gmn ya pak sya cuma lulusan smk aja ..

    BalasHapus
  18. Kak saya mau tanyak kalo jadi teknisi apakah ada tes kesehatanya seperti perokok dilarang, saya juga sekolah di smk penerbangan angkasa malang

    BalasHapus
  19. Kak mau nanyak kalo mau jadi teknisi apakah ada tes kesehatan seperti perokok dilarang, saya juga smk penerbangan angkasa malang

    BalasHapus
  20. Sama kalau kerja di lion air apakah harus menggunakan bhs inggris

    BalasHapus
  21. Kak mau nanyak kalo mau jadi teknisi apakah ada tes kesehatan seperti perokok dilarang, saya juga smk penerbangan angkasa malang

    BalasHapus
  22. Mas kalo dari jurusan otomotif . Bisa langsung ikut training ga ? Mohon penjelasan nya hehhe

    BalasHapus
  23. mas kalo SMK bisa masuknggak ya?? bassic saya listrik mas

    BalasHapus
  24. Dulu waktu tau calon suami kerja jd teknisi pesawat dalam pikiran "ih ga bgt deh teknisi kan berarti sama aja kayak montir cm beda yg dipegang".. tapi pas tau gajinya skrg alhamdulillah.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa gajinya bu kalo boleh tau?, hehehe minat nih daftar disekolah penerbangan ambil jurusan teknik

      Hapus