Rabu, 15 April 2015

Kartini Yang Ngga Takut Oli

21 April 2015 Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kartini. Kalo jaman sekolah dulu sih biasanya bakal ada upacara di sekolah, dan bisa dipastiin semua petugas upacaranya adalah perempuan. Ini ngga adil. Kalo semua petugasnya perempuan, kenapa peserta upacaranya juga ngga perempuan semua aja. Yang laki-laki libur. Huahahaha *ketawajahat.

Ngga bisa dipungkiri kalo kita hidup pada jaman dimana wanita menuntut untuk setara dengan laki-laki dalam berbagai hal dan laki-laki menuntut untuk setara dengan wanita *ehh ngga deng, itu sih buat yang agak "belok" kali yaa. You know lah what I mean hahaha.

Dan yang kita tahu, Ibu Kartini lah penginspirasi seluruh wanita di Indonesia.
Seperti yang sering terlihat sekarang, ada banyak wanita (bahasa kasarnya) kerja seberani dan setangguh laki-laki. Misalnya, tentara, polisi, pilot, driver busway, security, dll.
Bukannya mau meremehkan keahlian dan tenaga perempuan, tapi dimata saya pribadi sepertinya perempuan lebih baik tetap pada kodratnya. Memasak, nungguin suami pulang kerja, momong dede masha. Pokoke yg keliatan girly-girly, jauh dari kesan "laki" Hihihi.

Oke lepas dari pembahasan awal. Berhubung waktu itu posisi lagi OJT (On the Job Training) di Hangar Maintenance Batam Aero Technic. Maka gw mau ngasih tau kalau Kartini-kartini dari HM ini adalah wanita-wanita tangguh yang bisa dibilang we-o-wewewe, alias WOWWW *sambil jungkir balik di kargo.

Jujur gw rada kaget and takjub sama mereka-mereka yang kerja disini. Gimana ngga, sebelum OJT dan sekolah BAM ini pan aye taunya mekanik cewek itu cuma satu orang, Agatha namanya. Oke pernah denger sih kalo di hanggar surabaya ada cwenya, tapi kok tau-tau ada bejibun ternyata, tau dah jumlah pastinya ada berapa lusin. Ngga ngitung sih. Hahaha.
Dan itu lho, sempet bergumam juga dalam hati "kok yaa pada mau kerja di teknik". Padahal di Lion Air masih ada tuh divisi yang "dirajai" oleh kaum mereka. Pasasi, tiketing, Pramugari, atau di office misalnya.

But, heyy mereka ngga takut kotor. Ngga mikir-mikir banget tuh mau belepotan oli atau sisa-sisa grease di baju. Bahkan kena cairan hydraulic juga ngga masalah. Sadis emang. Belum lagi ketelatenannya. Pokoke beda lah sama caranya laki-laki pada umumnya. Ngeliatnya jadi greget-greget sendiri, Hahaha.
Uniknya setelah selesai kerja yaa mereka kinclong lagi. Jadi cewek lagi. Bersih and tetap menarik. ihiirrrr batam digoyaaang... *apasih?
Pas break time iseng gw coba ngobrol ke tiga orang pelaku di TKP. Ada Intan Lulusan dari SMK Penerbangan Padang, Monica dari SMK Penerbangan Aceh, dan Anggra dari Universitas Nurtanio Bandung.

Gw: "Kerja disini udah berapa lama?"

Intan: "Baru 7 bulan"

Monic: "1tahun setengah. Lebihlah dikit"

Anggra: "Agustus 2014"

Gw: "Motivasi kerja dibidang ini?"

Intan: "Karena pengen tau sistem kerja pesawat itu kaya apa. Sementara orang lain banyak yg ngga tau. Intinya dari rasa penasaran aja sih. Dan juga untuk masuk pramugari kurang tinggi. Yang jelas pengen bahagiain keluarga dan orang tua"
*Trus gw lirik sedikit, ohh iya bener kurang tinggi. Hahaha becanda Ntan.

Monic: "awalnya nyoba-nyoba. Tapi rejekinya disini, yaa lulusnya disini. Dan pengen sesuatu yg beda. Keluarga pastinya bakal bangga liat udah kerja sendiri. Karena mereka sih terserah mau lanjut kuliah atau kerja"

Anggra: "Hobi, trus pengen jadi engineer. Dan ngebuktiin kalo cewek juga bisa mengerjakan pekerjaan cwo. Insya Allah"

Gw: "Kalo targetnya selama kerja disini apa?"

Intan: "Sebisanya jabatan yang tertinggi yaa diusahakan itu diraih. Hhe"

Monic: "targetnya setelah 2 tahun pengen ikut bam, tapi ini lagi mau kuliah buat jaga-jaga. Rencana mau dftar UT jurusan management. Setelah bam paling targetnya nikah Mas. Hahaha."

Anggra: "ngilangin sifat manja gw sama pengen ngerasain cari duit sendiri sih biar ngga boros. (Bla bla bla... 15menit)"
*gw ngangguk2 takjub, takjub ni anak nyerocos panjang bener kaya kaga ada remnya. Hihihi.

Gw: "Yang menyenangkan kerja diantara kebanyakan cowok?"

Intan: "Ngingetin kita, ngejaga juga, lebihnya karena mereka nganggep kita keluarga. Apalagi di HM ini kerasa banget kekeluargaannya"

Monic: "mereka lebih melindungi kita-kita yang cewek. Baik juga disekitaran mereka. Mengayomi. Udah kaya keluarga juga"

Anggra: "Apa ya.. bisa apa yaa. Ngga tau gw.. paling ngerasa dijagain aja"

Gw: "Yang ngga nyenenginnya?"

Intan: "Kalo kerja ada aja yang bawel, kadang ada yang ngga seprinsip. Tapi namanya teamwork yaa kita harus kompak.
Meskipun ada orang yang paling kita benci sekalipun harus bisa memisahkan antara pekerjaan dan masalah pribadi"

Monic: "Hampir sama kaya jawaban intan. Paling kalo lagi punya masalah sesama teman harus bisa profesional antara kerjaan dan masalah.
Mengatur temen yang seangkatan ada rasa ngga enak. Kalo untuk cape yaa emang wajar namanya juga kerjaan"

Anggra: "....(udah balik duluan takut ketinggalan jemputan)"

Gw: "Pesan-pesan buat kartini lain?"

Intan: "Emang sih kerja teknisi kebanyakan cwo. Susah dan kotor-kotoran. Kenapa mereka bisa kok cwe ngga.
Malah terkadang cwe itu bisa menjadi pemimpin tapi jangan melampaui kodratnya sendiri."

Monic: "apapun kerjaannya nikmati aja. Tetap semangat. Meskipun kerjaan ini ngga sesuai sama lingkungann setidaknya buktiin aja kalo semuanya bisa dilakui".

Anggra: ".... (udah sampe kossnya mungkin)"


Jadi gimana? Terbukti kan wanita itu bisa. Buat yang cewek-cewek nih. Berminat ngga jadi seperti mereka?. Ada beberapa kelebihan lho ketika orang tau kerjaan kamu itu ngga biasa bagi orang lain khususnya dimata laki-laki. Jadi artis IG misalnya kaya Anggra yang followersnya udah bejibun. Atau kaya Monic yang kalo senyum itu ada aroma acehnya, hahaha kopi kali ya pake aroma. Or pengen kaya Intan yang childish-childish cabe rawit. Hahaha.
Itu lah hasil ngobrol iseng sama mereka.
Tadinya mau gw tanyain satu-satu dari absen A sampe Z, tapi yakalii semuanya diketik disini, berotot nih jempol. Haha.
Pesan buat cowok-cowok nih.
Yang perlu kita catat disini adalah. Sekuat-kuatnya wanita masih membutuhkan laki-laki untuk melindunginya. Jadi? Jadilah lelaki tangguh yang selalu siaga (siap antar jaga). Karena kita terlahir memegang peranan sebagai pemimpin, khususnya pemimpin dalam kehidupan berumah tangga, eeaaaa...

Oke segitu dulu aja. Semoga sukses terus buat Kartini-kartini di Indonesia khususnya di BAT (Batam Aero Technic) ini. Jaga terus kekompakan kalian, dan bersikaplah elegan. Karena apa? Karena kalian punya nilai lebih yang sangat-sangat jarang dimiliki wanita lain.
Tetap semangat dan cintai Ibumu, Ibumu, Ibumu lalu Ayahmu.
Haha jadi ngelantur kemana-mana. Yowes segitu dulu. Disambung nanti lagi.
dibawah ada foto-foto Kartini masa kini dari Hangar Maintenance. Maaf ngga semua diupload disini. Satu, kebanyakan. Dua, uploadnya lama binggo gara-gara sinyal kacrut. Dan ketiga yang paling horor, bisa dibawelin bini aye yang imutnya ngga abis-abis itu ntar gara-gara diblog isinya cewek semua. Hahaha. 
Nb: tadinya ni mau diposting pas OJT tapi karena terkendala banyak hal maka baru sekarang deh bisanya.
04.48 PM waktu hape kece. Di mess 7 pulang sekolah dan besok exam maintenance concept.

Ini nisrina lagi di cockpit B 737-900ER
"Ground to cockpit"

 Mungkin kalo ada Kasino Warkop dia bakal nyanyi
"Yang baju merah jangan sampe lolos" . Haha. Merna and Dev dua sohib yang kaya perangko sama amplop.
Kalo ini Hanggar Surabaya punya. Greget-greget sendiri kan liatnya. *ehh
Mengabadikan momen dulu
Ini Caissa, Kartini dari HM-SUB
Ini Hanny KWnya si Eneng dan kaos kaki ajaib. Hihihi becanda ya.
Kalo ini Agatha yang gw ceritain diatas. Percaya kan kalo dia anak teknik?
Ini lho yang namanya Anggra 
Tuh kode keras, sama mekanik aja. Hahaha
Ini Monica, ngga tau tuh mau mentung siapa bawa-bawa combination wrench. Hahaha
Intan nih, kalo mau minta dimasakin rendang bilang aja sama dia. *ehh. 
Bersama rekan segrup
Kalo di bandara manapun kalian liat orang pake jaket biru mirip kaya gini. Sapa aja. Bilang "mas/mba jajanin dong..". Hahaha apasih? 
Apa gw bilang, cadas kan? 
Dikawal cuy. Kurang perhatian gimana coba mereka bertiga? Hahaha
Trus kalo Kartininya kaya gini? Pada mau? Gw sih ogah. Hahaha
Ini chococips, anak bandung berwajah lugu yang merantau jauh ke Batam


Foto bonus:

Grup 6 Bam 8. Kiri ke kanan: Ucup, Unggul Peyek, Anggra, Mas Yoyok, Openg, Andi

2 komentar: