Senin, 13 April 2015

Bikin SIM? Buat apa pake Calo...

Awalnya gw mau cerita tentang proses pembuatan SIM baru (lagi) dikarenakan sim sebelumnya yang baru berumur 4bulanan itu hilang. Hilangnya ngga usah diceritain yak. Sedih kalo diinget. Hahaha lebay.. jadi gini,
Pertama dateng ke Polsek untuk melaporkan kehilangan. Nantinya bakal dikasih jeda waktu untuk berapa hari surat kehilangan ini berlaku.
Selanjutnya dateng ke Polres Kota Bogor.
Lapor ke pos depan lalu menuju ke loket pendaftaran. Menyerahkan berkas surat kehilangan dan foto kopi ktp.
Di loket 1 pendaftaran kita menunggu dipanggil lagi untuk hasil print outnya.
Selanjutnya dipanggil untuk melengkapi berkas surat keterangan sehat dari dokter yang bisa diperoleh dekat Polres ini. Tapi jangan kaget yaa kalo disana ngga ada dokternya. Yang ada pegawai kesehatan. kedua kalinya saya kesini tetap sama aja proses cek kesehatannya hanya diukur tensi darah. bayar 20ribu rupiah.

Setelah itu ke loket 1 menyerahkan berkas lagi dan menuju ke ruang tes uji teori. Tapi bukan untuk tes. Melainkan minta arsip yang lama. Oke jalan kesana dan langsung tanya petugasnya (bukan polisi). Dengan sigap dia menyuruh masuk ke mejanya dan tanpa basa-basi langsung menodong saya dengan pertanyaan.
"Mas mau urus sendiri atau dibantu?".
Karena ruangannya lumayan rame oleh mereka yang sedang tes teori/tertulis. akhirnya jawab aja dengan suara agak keras.
"SENDIRI AJA PAK!".
Darrrrr dia langsung diem terus lanjutin kerjaannya nulis arsip lamanya. Hahaha suwee.
Balik lagi ke loket menyerahkan berkas plus arsip lama. Ngga lama dikasih lagi berkas yang sudah dalam 1 map untuk melengkapi data formulir C. Hahaha kaya oper-operan bola aja dari tadi sama penjaga loketnya. Kasih sana ambil lagi, kasih sini ambil lagi. Sayang aja ngga ada gawangnya. Kalo ada udah dikasih ke gawang nih.

Gw: "nih pak...". Nyodorin berkas
Yang jaga: "apa ini mas?".
Gw: "berkas untuk isi formulir C Pak. Udah diisi".
Yang jaga: "ohh kirain apa, yaudah sini Mas saya cek dulu". Mengambil berkasnya.
Gw: "Gooooolll...".
*krik krik krik

Dan balik lagi ke loket 3 kemudian diberilah nomor urut untuk Foto SIM. Nyaelahh kirain abis itu dicetak langsung jadi. Ternyataaa. Tapi yaudah sih gpp toh nunggunya juga ga lama. *ngedumel sendiri nenangin sendiri.
Jreng jreng. Setelah foto selesai. Ga lama dipanggil namanya dan....
Jadi deh SIMnya. Mumpung masih anget hidangkan dengan saus manis agar rasa lebih sedap. Hahaha itu SIM apa oseng-oseng bakwan jagung?.
Ga terlalu heboh kok. Lebih heboh pertama kali bikin yang alhamdulillahnya tanpa melalui calo.

Prosesnya mudah. Ni gw kasih urutannya.
Dan pengalaman gw waktu itu (01 Nov 2014)
Dateng bawa berkas
1. Fotokopi KTP
2. Surat keterangan sehat dari dokter (mirip cerita diatas tes kesehatannya).
Proses pembuatan SIM di Polres Kota Bogor ini ada dua macam. Praktik dahulu baru kemudian teori.

TES PRAKTIK
Ada 2 rintangan di polres kota bogor ini.
Zigzag dan angka 8. Dan ini alhamdulillah banget ya soalnya kalo search di google beberapa kota malah ada 4 rintangan. Plus trek lurus sempit dan tanjakan/turunan.
ZIGZAG itu cuma butuh satu cara buat menaklukannya.
Latihan. Iya bener, latihan. Pengalaman gw pribadi nih hari pertama tes langsung gagal. Kenapa? Karena terlalu percaya diri, menganggap remeh. Ahh cuma belok-belok gini mah bisa lah masa udah pengalaman naik motor dari jaman kuda lumping makan beling sampe kuda lumping makan lontong sayur kaga bisa. Haha.
Faktanya, damn man!. Dikasih kesempatan 3x sama Pak Polisinya. Baru aja mulai lewatin patok pertama. Kaki nginjek tanah. Ulang lagi ke garis start, dan berhasil lewat patok kedua ehhh nih kaki nginjek tanah lagi. Akhirnya dapet kesempatan terakhir, baca doa dalam hati. Mulai ngegas, tetottt keseimbangan mulai goyah. Eaaaa gagal lagi.

Tipsnya:
1. Kalo belok usahain jangan sampe mentok stang motornya. Ini bakal bikin keseimbangan lu goyah man, rapuh, sedih, gundah gulana. Haha abaikan.
2. Karena spacenya sempit, beloknya jangan kaku. Luwes aja, pas mau belok motornya ngikutin body kita dimiring-miringin. Gocek-gocek gitu lah.
3. Ngga usah takut nabrak patok yang tingginya cuma selutut itu. Ngga, bagian belakang motor lu ngga akan nyenggol kok. Fokus aja kedepan.
4. Ini yang penting kalo mau latihan dirumah. Bikin patok (gw pake sendal) kasih jarak tiap patok itu 7 langkah. Inget! langkah sempit ya. Ujung jari kaki ketemu tumit. Kenapa 7 langkah? Hasil ngukur patok yang sebenarnya ada di Polres itu 8 langkah. Tapi latihan dengan jarak yang lebih sempit itu sangat-sangat ngebantu pas tes nanti. Ini udah dibuktiin sendiri pas tes lancar alhamdulillah karena ngerasa kok jaraknya jadi makin lebar. Hahaha.

ANGKA 8.
Tes ini keliatan paling rumit dibanding zigzag. ada jalurnya yang ngebentuk angka 8 dan tiap sisi ada patoknya. Tapi ngga usah takut, sekali lagi lu cuma fokus kedepan. Jangan hiraukan bagian belakang motor karena ngga akan nyenggol selama pas posisinya.
jujur untuk bagian ini gw ngga terlalu intens latiannya. Karena lebih menitik beratkan di zigzag. Paling cuma iseng pake motor bikin angka 8. Ngga ada patokan jaraknya. Dan itu berguna banget cuy latihan zigzag. Asli. Waktu itu gw latihan satu setengah jam sehari sebelum hari H.
Latihan dan latihan. Lu mau nyenggol tuh patok. Ulang lagi. Ulang terus sampe lancar. Yakin deh di ujian praktik nanti bakal mudah. Bahkan sambil tes mungkin bakal terheran-heran sendiri. 

jadi waktu itu, Kesempatan pertama abis lolos dari zigzag dan mulai masuk ke angka 8 malah nabrak patok gara-gara ngga percaya kok tuh zigzag jadi ngga sehoror sebelumnya. Hahaha.
Kesempatan kedua foot step kanan nyenggol patok dan jatuh patoknya. Hmm mungkin kurang pas mosisiin motornya.
Dan kesempatan ketiga, alhamdulillah berhasil. Gokil nih, harusnya tuh tes angka 8 cuma 3x putaran, ehh gw sampe 5x putaran baru disuruh stop. Haha untung aja mulus. Kalo gagal kan harus ngulang lagi 2minggu kedepan.
Lulus ujian praktik gw langsung menuju ke ruangan ujian teori. Ngerjain soal.

UJIAN TEORI
Jangan pernah beranggapan
"Ngga bakal dilulusin sama polisinya"
Tes ini cukup mudah, hanya butuh skill menghapal dan nalar.
Yups. Menghapal, hapalin aja tuh soal-soal di internet. Hahaha. Gw aja sebelum tes malah browsing dulu di google. Ujian teori buat sim.
Jreeeng. Banyak banget tuh bocoran disana. Iseng aja sambil baca. Biasanya kalo ngapalin soal dan jawaban kan paling gampang tuh ingetnya.
Pernah tanya ke polisi yang ngurus surat kehilangan sim ini. Katanya sih dibocorin di internet untuk mempermudah yang mau bikin sim.
Dan untuk nalar paling lu ketemu soal kalo ada perempatan, siapa yang didahulukan jika disana ada polisi yang mengatur lantas. Yaa gitu-gitu deh pokoke kegiatan sehari-hari dijalan.
Rambu-rambu lalu lintas ngga usah dihapalin semua, ada di dinding ruangan ujian teori.
Dan setelah selesai langsung dikumpulin, ngga lama diumumin kalo gw lulus..alhamdulillah.

Oke itu aja kali ya. Maaf kalo berantakan tulisannya.
Jangan lupa untuk selalu berdoa, karena setiap saat kita ngga bisa cuma berharap sama manusia. Berharaplah ke pencipta segalanya Allah SWT. Karena Allah lah yang mampu menggerakan hati seseorang, dalam hal ini petugasnya kali ya. Karena biar bagaimanapun praktek percaloan itu masih ada sedikit. Ehh tapi ngga boleh su'udzon deng.
Pokoke junjung tinggi kejujuran. Jangan sok-sok teriak anti korupsi kalo masih suka sogok-sogokan. Hhe.

Total biaya bikin sim pertama kali adalah Rp 120.000,-
Dengan rincian 20ribunya buat surat keterangan sehat dan simnya 100ribu.
Total biaya SIM pasca kehilangan.
Rp 95.000,-
Dengan rincian 75ribu sim baru, 20ribu surat keterangan sehat.
Murah kan? Dibanding pake calo yang bisa berkisar 500ribuan per sim. Malah terakhir ngobrol waktu dipolsek katanya udah sampe 700ribuan. Itu kalo buatnya jujur kan lu bisa dapet 5 buah sim C. Hahaha.
Memang butuh waktu. Tapi ada kenikmatan tersendiri setelah kita mencoba untuk jujur.
Nb: dimess sambil gogoleran dikasur. 5:36 PM waktu hape kece







Tempat ujian praktek. Sayangnya pas ambil foto ehh udah pada bubar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar