Jumat, 02 Desember 2011

ketika cita-cita tak terwujud, jangan bersedih kawan.

Sedih? kayaknya kurang pas deh walau emang rasanya iya.
lemes? ngga juga, toh gw kerja tetep semangat.
ngga bergairah? ahahaha ini kalimat kaya di iklan-iklan klinik deh. yaa kurang tepat juga buat gambarin perasaan ini.

hayooo perasaan apa?
hha jadi gini guys.
berhubung sekarang gw udah pindah tempat dinas dari Kota Makassar ke Kota Yogyakarta, maka ada satu hal yg ngeganjel dilokasi gw sekarang.
tepatnya Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta.
apa pasal?
hmm, buat yg udah pernah ke jogja pasti tau ada apa dibalik bandara ini.
coba perhatiin lagi.
ada apa?
yaaaaaaaaaa itu, kampus AAU (Akademi Angkatan Udara) plus patung garuda yg jadi simbol khasnya.

Karbol AAU

keren sih sebenrnya, tapi berhubung gw punya kenangan yg bisa dibilang kenangan agak pahit ga enak jadi kadang bawaan gw macem-macem kalo liat kampus itu.
apalagi kerjaan gw yg tiap hari pasti ngeliat itu kampus.
pedihh rasanya.
hha jujur bgt gw.

2009 lalu, lulus STM gw berangkat ke jogja buat pertama kalinya.
"ngapain? jalan-jalan yaa?".
"haha, gundulmu. test dong, kan mau wujudin cita-cita jadi abdi negara".



berangkat berlima plus pengantar dari lanud ATS.
sampe di jogja gw ketemu sama seluruh calon Karbol AAU se-Indonesia. dan ini pertama kalinya gw liat beragam bahasa dan sifat temen-temen se-Indonesia.
"hmmm saingan gw byk juga", dalam hati tuhh ngomongnya.
test demi test gw laluin, kayaknya ga ada masalah deh sama testnya, soalnya emang ga ada sistem gugur jadi semua test hasilnya diumumin wktu pantohir/pantauan akhir.
3 minggu berlalu. test terakhir.
pantohir, gw dan semua calon disini dikumpulin dalam satu ruangan tepatnya aula, gw lupa namanya.
disana gw liat banyak bgt "bintang-bintang" bertaburan, panitia maksudnya.
dengan bertelanjang dada dan celana pendek warna putih gw pun masuk ke ruangan itu dengan berbaris.
... ... ...
test selesai kita pake baju lagi, selesai makan siang akhirnya semua dikumpulin buat pengumuman.
... ... ...
gw deg-degan banget. demi Allah. ada rasa haru karena gw udah lalui semua test, ada rasa bangga karena sebentar lagi bakal jadi taruna yg pasti bakal bikin keluarga bangga, ngga cuma keluarga aja, mungkin sekampung bakal ngerasain hal yg sama. rasa puas karena sebentar lagi cita-cita gw dari kecil dimana semua temen SD gw sampe temen STM tau bahwa jadi tentara adalah cita-cita gw bakal terwujud.
ada segala macam rasa disana jadi satu, berkecamuk dalam hati gw.
sampai akhirnya.

melalui pengeras suara.
"mohon maaf nomor yg dipanggil ini adalah yg tidak lulus test, kalian akan dapat kesempatan untuk test lagi tahun depan", kira-kira kaya gitu deh suara dari panitia penerimaannya.
gw berdoa, terus berdoa dalam hati..
... ... ...
baru kira-kira sepuluhan calon disebut namanya, tiba-tiba...
... ... ...
"no urut * - *** "
.. ... ...
bagai disambar petir disiang bolong, no peserta gw disebut, gw ga percaya sama apa yg barusan gw denger,
gw ngerasa hancur, musnah udah bayangan gw, hilang sudah rasa percaya diri ini.
langsung terbayang senyum Ibu waktu nganter gw di lanud ATS.
gw tengok temen-temen dari kontingen bogor (salah satunya temen satu sekolah gw), lalu berdiri dengan pasti demi menjaga gengsi karena gagal. tas 2 buah yg gw bawa dari pertama test itu pun langsung gw pegang dan gw jinjing.
berjalan perlahan keluar setelah dapat sebuah amplop. dan...
menetes air mata gw dengan deras, gw ga peduli walau diluar aula ini banyak orang, mereka kebanyakan adalah orang tua n keluarga dari temen-temen kontingen lain.
ya. gw gagal. gw ga berhasil.
amplop itu ternyata berisi secarik kertas pengumuman dari panitia.gw pegang dan gw buka perlahan. isinya cukup membingungkan.
tapi apalah daya, mungkin ini takdir dari Allah SWT.
gw terima dengan ikhlas, walau butuh wktu yg sangat panjang. bahkan sampai detik ini gw masih membayangkan buat jadi seorang taruna lagi.
tapi itu ngga mungkin, dengan segala macam pertimbangan dan kenyataan yg ada.


sekarang, gw berdiri di tempat yang sama.
dengan cerita yang berbeda.
selamat jalan cita-citaku.
biar ini jadi cerita yg indah kelak.



dari kiri ke kanan: Kukuh - Gw - Defri.
cita-cita boleh sama, tapi takdir jua yg bicara.
dari kiri ke kanan: Polair - Aircraft Technician - Pilot

dari kiri ke kanan:
Gw - Defri - Udin - Doni - Kukuh


di Bandara Adi Sutjipto
Kantor Lion Technic.

nb: walau apapun yg terjadi, gw tetep cinta Yogyakarta.

2 komentar:

  1. semangat yaa andi, hehe caca juga sama masih pengen masuk situ... tp ya gimana

    BalasHapus
  2. iya ti, mungkin emang ini yg terbaik, jadi di syukuri aja. Insya Allah skarang bisa lebih baik.
    =).

    salam ya buat si caca. temen senasib tuh.
    hhe.

    BalasHapus