Jumat, 13 Januari 2012

Cerita di alun-alun selatan Yogyakarta

Kemaren tepatnya tanggal 12 januari 2011 gw jalan sama temen gw si Iwan buat ngelepas penat mumpung libur juga, jadi daripada di kossan ga jelas mending juga cabut nyari angin biar ga masuk angin. hahaha ngarang. dengan semangat 45 akhirnya gw sama iwan cabutt naek motornya, hmm maklum disini gw kaga ada motor jadi yaa nebeng-nebeng aja, hha. okehh rute pertama adalah nyari barang-barang keperluan kerja, multitool adalah sasaran pertama, setelah liat-liat barangnya dan dirasa cocok akhirnya terjadi sebuah percakapan yang berujung pada tidak jadinya membeli barang tesebut. hahahaha, "kemahalan ah", kata Iwan. yaaa emang sih harganya agak abnormal buat ukuran kantong kita, maklum masih jadi prajurit dikantor jadi yaa nabung lagi buat beli nanti lagi.

Muter sana-sini akhirnya kita liat-liat kacamata, mentok di deket kampus UGM, disana banyak tuhh yg jual kacamata pinggir jalan, cari sana cari sini ujung-ujungnya apa? tetep ga dapet yg dia mau. beuhhhhhh sadiss.
finally? kita cabut lagi ke toko kamera, maklum ada rencana mau beli kamera DSLR yg lagi tenar itu, ehh tapi qta nyari bukan karena latah tapi emang udah ngincer dari dulu jadi yaa apalah daya qta nyari-nyari informasi kali aja ada DSLR yg murah meriah, under 1juta gtu, ahhahahhaah ngarep, ampe lebaran nenek lampir juga ga bakal ada kayaknya. hahha. masuk 3 toko kita punya beberapa perbandingan untung dan untungnya. okelahh lumayan bisa jadi referensi. setelah muter-muter gaje langsung dahh qta mentok di alun-alun. sebenernya ide buat ke alun-alun tuh ide gw, kalo muter-muter nyari barang mah ide tuhh bocah. soalnya gw penasaran banget sama yg namanya alun-alun kidul, konon disana ada dua pohon beringin yang berdiri berdampingan, nahh barang siapa yg bisa MASANGIN (MASuk diAntara dua beriNGIN) atau  ngelewatin tepat diantara dua pohon itu / ditengah-tengah antara dua pohon itu dengan mata tertutup itu artinya dia hebat, hahaha, ngga gitu sih sebenernya tapi katanya keinginannya bisa terkabul, yaa gw sih percaya aja sama cerita yg udah melegenda ini cuma untuk meyakini kan ga boleh, masa iya cuma gara-gara pohon. jadi yaaa gw iseng-iseng aja ikutan.

ini dia pohonnya

ini gw, ga nyangka penutup matanya mecing gile warnanya sama jaket n celana yg gw pake. haha sesuatu.

Nyampe di alun-alun gw ga langsung nyoba, nyante-nyante dulu sambil makan pempek sama es doger, itung-itung pemanasan sambil nyiapin mental (bilang aja laperr, hha). sambil makan gw perhatiin dari jauh emang banyak yg nyoba buat ngelewatin tu pohon. saking terkenalnya ini tempat wisata, sampe ada rombongan anak SMA dari Maluku yg nyobain, satu persatu mereka ngelangkah dengan mantap tapi apa yg terjadi? posisi udah mantap lurus ehhhhhhh ada yg belok ke kanan, ada yang belok ke kiri ada juga yang baru jalan langsung ilang (hahahaha becanda deng) maksudnya blum nyampe pohon ehh udah nyerah duluan. alias buka penutup mata. gw ketawa aja ngeliatnya, masa iya sihh pada ga bisa jalan lurus, penasaran gw makin tinggi.


Selesai makan pempek n es doger yg nyummy n bikin kenyang itu akhirnya gw nyoba bareng temen gw, nyewa penutup matanya seharga Rp 4.000,-.
sebut saja namanya Iwan, haha

Anak-anak SMA udah ga ada yg ada cuma rombongan-rombongan dari wisatawan lain, seru juga kali yaa ajak temen-temen ramean kesini, nahh ini gw cuma berdua iya kalo sama temen cwe, ini sama temen yg sama-sama batangan, haduhhhhh apa kata dunia. hahahaha. okehh penutup mata gw pake, si Iwan di sampng gw jaga-jaga kalo ada incident crash alias tabrakan, karena yg nyoba ga cuma satu dan disana itu lumayan rame trafficnya.

Gw udah mantep, mata ketutup, jalan lurus, selangkah dua langkah gw tetep mantep, jarak yg harus ditempuh sekitar 20meteran. si Iwan nyerocos wehhh. "terus yottt..teruss, masih jauhh pohonnya". gw sih percaya aja lahh emang gw juga ngerasa jalannya lurus, tiba-tiba gw nginjek rumput yg gw tau kalo nginjek rumput itu artinya udah nyampe, gw buka penutup mata, tapi apa dong kawan? gw melenceng dari tujuan, gw belok ke kiri (liat gambar 1), hahahahahaha anjritt malu juga padahal udah pede beratt kalo jalannya lurus, mana tuh bocah kga ngasih tau kalo melenceng jalannya, hahahah asemm. akhirnya gw nyoba lagi berulang-ulang, begitu juga temen gw yg udah sering nyoba tapi ga pernah lulus, hahahaha.


ini dia ilustrasinya
Dari 7 kali percobaan, 2 kali gw hampir lulus, kenapa hampir lulus? karena saat mata tertutup n udah setengah jalan, ada perasaan aneh kalo gw itu bakal melenceng, ternyata begitu gw buka mata gw tepat banget ada di tengah antara dua pohon beringin itu (liat gambar 2). anjritt nyesel juga kenapa gw buka padahal blum nyampe, begitu juga waktu yg kedua kalinya, hahahhaa gpp blum rejeki kali yeee.
ada yg lucu dengan adegan-adegan jalan diantara dua pohon itu kawan, ada yg nabrak pager pohon yg terbuat dari dinding, (ehmm ini temen gw si Iwan yg ngalamin (liat gambar 4), sumpah gw ngakak waktu dia nabrak, gila aja tembok ditabrak udah gitu mata kan ketutup, hahahaha).

Ada juga yg baru start ehh langsung belok ke kanan, ahahhahah banyak lah pokoknya (liat gambar 3).
usut punya usut dulu disana emang sengaja di pager gaib sama orang-orang dulu jaman perang, supaya penjajah yg mau nyerang keraton bingung n kehilangan arah. well sampe sekarang efeknya masih ada, Wallahualam.
well ini emang nyenengin, tapi ada satu hal yg bikin gw gondok disana.
hp gw ilaaaaaaang kawan, gila, ini pasti gara-gara gw ngakak abis waktu temen gw si Iwan nabrak tembok, soalnya posisi ngakak gw itu sambil jongkok, hahahah sial.
gw coba telepon ke no gw pake hp iwan, hasilnya? diangkat sodara-sodara. tapi ga ada suara.
"hallo assalamualaikum, mas atau mba, tolong dikembaliin hp saya mas/mba, saya skarang ada di bla..bla..blaa". muka melas, mata kicep-kicep miris sambil jalan mondar-mandir..

Puluhan kali gw nyoba telpon dan puluhan kali juga diangkat sama yg nemuin hpe gw, cerdas. gw ga pasrah gitu aja, gw tanyain orang-orang yg ada disekitar lokasi hp gw ilang, mulai dari rombongan remaja labil sampe orang pacaran trus bapak-bapak pemulung tapi hasilnya nihil. sumpah gw ga enak bnget nanyain ke mereka karena kesannya kan gw naruh curiga and nuduh kalo mereka yg nemuin, tapi apalah daya daripada hp gw ilang tanpa hasil buat nyari dulu.
terakhir yg gw tanya n paling ga enak adalah bapak pemulung, kenapa, yaa gtiu dehh.
"pak maaf, tadi bapak liat hp jatuh ga letaknya disana (sambil nunjuk lokasi TKP), maaf ya pak saya ga ada maksud buat ngira macem-macem, sekedar nnanya aja pak".
dengan paras yg meyakinkan bapak itu bilang ga liat, dan dia bilang buat nanya ke Ibu-ibu yg suka minta-minta itu/pengemis.

Okehhh akhirnya tujuan terakhir gw tanya si ibu-ibu itu, emang si kasian banget ngeliat kondisinya,
"bu, maaf ibu tadi liat hp jatuh ngga disekitar sana"
"saya ngga liat mas (pake bahasa jawa)"
"tapi maaf ya bu bukannya saya nuduh, cuma nanya aja barangkali ibu liat". gw nanya sambil diem-diem nelpon hp gw pake hp temen gw.
dan apa dong kawan? hp gw bunyiii, bunyi yg ga asing banget di telinga, judul lagunya I'll stand by You, hahaha. dari tas si ibu tu hp bunyi, kontan gw kaget. si Ibu udah boong ni, gw ga nyangka, akhirnya dia ngluarin tuh hape.
"(muka gugup berat) itu tadi saya nemu disana (sambil nunjuk tkp tepat gw ngerasa kehilangan".
akhirnya gw ambil tuh hp, trus si ibu gw kasih duit sekian, dia diem trus ngegerutu "cuma segini mas? tau gitu ngga saya kasih tadi (pake bahasa jawa)". gw balik lagi, gw tambahin duit sekian lagi. trus ngeloyor abis bilang makasih. sempet kecewa juga gw sama si Ibu itu, udah mah kepergok dia yg nemuin, pake ga ngaku pula awalnya, coba ngaku ya kan enak gitu. tpi gpp lah, namanya juga orang nemu n butuh.
hp ketemu gw girang abis, ini hp banyak kenangannya kawan, emang sih bukan hp bagus, Nokia C-1, yaa harga paling gope'an, tapi apa yg ditakutkan kalo hp ilang? tepat, contact list, foto sama history message. itu yg paling bikin ga ikhlas. alhamdulillah masih jodoh gw sama ini hp, makasih ya Allah.
abis nemuin hp gw ditanya sama penjaga pohon itu, eitss ini wujudnya manusia ya, tar salah kira lagi, hhe. gw bilang aja udah ketemu. trus ngobrol bentar.
kata bapak itu, di sana emang rawan hilang hp dan dompet, beliau aja kadang nemu hp sampe dompet yg isinya duit 3.2 juta tapi tetep dikembaliin, gw salut juga sama si bapak, jujurnya patut diacungin jempol..
temen gw sendiri si Iwan dulu kehilangan dompet tapi dikembaliin sama yg nemu. tpi intinya buakn itu, tetep hati-hati sama barang bawaan kita, disana kan tempat wisata tempatnya banyak ketawa, nah jangan sampe gara-gara terlalu seneng qta lupa sama hal lain.
okehh itu aja cerita hari ini kawan.


foto beringin: arsitekturmagz.com.    (maklum ga punya kamera bagus jadi fotonya nyari diinternet.
gambar ilustrasi : made in dewek. hahaha
gambar lain: nyusul.

nb: jogja hari ini, dikossan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar