Selasa, 28 April 2015

Ini Lho Capaska 2015 Kabupaten Bogor

Sebelumnya saya mau ucapkan selamat dan sukses kepada kalian yang sudah terpilih setelah melewati serangkaian tes untuk menjadi Capaska (Calon Paskibraka) 2015  Kabupaten Bogor.

Duh sayang kurang jelas muka-mukanye
Gimana? seleksinya susah ngga? Ngga lah ya, tuh buktinya keterima. Hihihi.
Atau ada yang ngerasa bisa lulus seleksi karena faktor lucky? Eits ngga ada disini istilah cuma keberuntungan belaka. Semua butuh usaha dan doa. Allah SWT ngga akan merubah nasib suatu kaum kalo dia ngga ada usaha buat berubah. Iya serius, kan ngga mungkin toh misalnya kalian ikut ekskul beladiri and suatu hari lagi latihan rutin mingguan, di tes sama pelatihnya buat mecahin tumpukan batu bata 7 lapis. Setelah berhasil mecahin tumpukan batu bata tau-tau senpai atau pelatih silatnya bilang gini.

"Bagus Ndi, kamu udah berhasil melewati tahapan ini. Selamat kamu lulus tingkat. Kalo gitu besok kamu berangkat ke Pemda ya buat jadi Capaska 2015".
Kaga begitu tong. Hahaha.

Kalian berhasil karena kalian bisa, karena dianggap sanggup untuk melewati tahapan selanjutnya yang lebih we-o-we-we-we-we alias WOWWWW *sambil push-up tobat.
Btw inget ngga sih dari semua proses seleksi mana yang paling bikin bikin kita deg-degan setengah mati? Jawaban gw pas proses pengguguran di hari seleksi itu. Beuhh itu rasanya... ampun. Mulut udah komat-kamit aja berharap namanya ngga termasuk yang tereliminasi.

Eliminasi, siap ngga siap harus siap. 
Oke lanjut, sebelum masuk ke pemusatan latihan atau TC (Training Center) di bulan agustus nanti. Kalian akan melewati masa-masa Pra-TC.
Nah saat Pra-TC inilah kalian akan disiksaaa dibina menjadi manusia yang lebih disiplin dari sebelumnya. Disini mental kalian diuji. Iya diuji, diuji buat ngelakuin gerakan yang itu-itu aja. Hadap kanan hadap kiri lagi, lencang kanan lencang depan lagi, balik kanan balik kiri *ehh ngga ada ya? Pokoknya gerakan yang pastinya di kepala kalian itu udah ngelotok baik PBB statis maupun dinamis.

"Tapi kenapa sih pake acara diulang-ulang lagi? Ya illah dari jaman firaun naik motor juga sama aja gerakannya kan?"
Jawabannya simple;

Paskibraka bukan untuk satu orang, bukan juga ajang pabagus-bagus gerakan per individu. Ngga mau kan gerakan kalian ada yang lebih cepet satu detik atau ada yang pake gerakan slow motion gitu, saat yang lain udah tegak grak ehh yang slow motion ujung jari telunjuknya baru sampe ujung top, nah loh. Atau pas hadap kanan tapi kepalanya telat noleh. Itu tuh ngga binggo guys. Ngga kompak, ngga ada keserasian gerakan. Diliatnya ngga ada andi-andinya indah-indahnya. Coba kita lihat foto dibawah ini yang diambil saat sedang melakukan gerakan dinamis. See? untuk tangan dan kakinya pun belum seragam. Nah ini yang akan disamakan gerakannya. Jangan kaget kalo nantinya bakal ada perbedaan saat latihan di sekolah masing-masing dan di Pra-TC untuk tempo saat jalan ditempat atau gerakan dinamis lainnya.


Bagi yang ditunjuk jadi eksekutor dari pasukan 8 di hari H. Itu bukan buat ajang pamer posisi lho yaa, tolong diinget.

"ini loh gw yang ngerek bendera"
"Ahh kerenan gw bisa ngebentangin bendera"
"Lu pade kalo ngga ada gw tuh tali belepotan dilantai"

Jangan sampe nih gara-gara 3 orang eksekutor dari pasukan 8 nya sok paling berjasa ehh saat upacara pengibaran,

Pembentang: "bendera siap!"
Komandan upacara: "kepada duplikat bendera pusaka, hormat senjataaaaa... grak!!!"
Peserta upacara: *hormat
Korps Musik: *musik Indonesia Raya
Pasukan 17: "tutup barisan... jalan!" *trus balik ke DP 1. Dyarrr. Hahaha.

Yaelahh bray, sok-sokan kalian ngga ada apa-apanya dibanding jasa Kang Wawan yang manjat tiang bendera buat masang tali bendera, hahaha jadi inget 2007.


kalo mau gaya-gayaan sendiri ngapain jadi anggota paskibraka. Mending bikin paskibraka tandingan sekalian terus ngibarin sendirian. Semua udah tau kalo paskibraka itu satu kesatuan, yang terdiri dari 2 pasukan ehh 3 pasukan deng. 17-8-45.
Disini kita gaya-gayaannya barengan. Kompak. Satu ganteng ya ganteng semua, satu cantik ya cantik semua. Hahaha apasih?

By the way  Pra-TC akan dilaksanakan selama 3bulan. Ya kurang lebih segitu.
Bagi yang jam belajar sekolahnya senin-sabtu ini adalah masa yang bisa dianggap agak sedikit sebentar lagi mendekati berat. Kenapa? Hari-hari kalian akan sibuk, kalo biasanya minggu buat libur ehh ini dipake latihan dari pagi sampe sore. Dan tolong malem minggunya dipake yaa buat istirahat. Yang sering keluar buat ngecengin jande anak tetangge malem-malem mending ditunda dulu, lagian kepala lagi gundul trus kulit item dekil gitu mending jaim dulu kali ya, hahaha. Buat yang putri juga sama mending di rumah aja siapin tenaga ekstra buat minggunya.

Yang ekstrem tuh temen seangkatan dulu, dibela-belain lho sabtu malemnya nginep di masjid pemda saking jauhnya jarak rumah dis ke pemda. Gw aja yang berangkat naik angkot 2x suka ngerasa kepagian berangkatnya. Ckckck

Ngomongin Pra-TC maka gw mau ngasih beberapa tips dan masukan untuk Capaska 2015 ini. Tanpa mengurangi rasa hormat, gw ngga ada maksud menggurui atau sok tahu. Hanya sekedar menumpahkan ide da  apa yang pengen ditulis aja, siapa tau bermanfaat. Ok ok..



Beberapa hal seputar Pra-TC yang wajib diketahui.
1. Jangan Apatis
Di Pra-TC nikmatin semua kegiatannya, mulai dari pertama datang pagi sampai pulang sore harinya. Kalo misalnya ada yang lagi sakit bilang aja, nanti pasti pelatih atau seniornya bakal nanya disela-sela latihan kalian.
"Ada yang sakit ngga?"
Kalo ngga penting-penting banget sakitnya mending tetep ditempat aja. Daripada keliatan lemah lunglai letoy ngga berdaya gitu, belum lagi cap jelek dari temen yang pasti bakal mikir yang ngga-ngga. Sekali lagi, mental kalian akan diuji disini. Dan kalian akan tau sifat temen kanan kiri depan belakang kalian. Dari yang apatis sampe sok ngartis. Dari yang asik sampai baik.
Dan ingat, ada penilaian juga lho dari sikap kalian.

2. Mengeluhnya nanti aja
Pelatih: "Sebelum makan siang seperti biasa ya kalian lari keliling 2x".
Capas A: *bisik-bisik ke sebelahnya. "Ni orang nyuruh-nyuruh mulu, ngga liat orang lagi cape apa?"
Capas B: "tau nih, coba dia disuruh lari juga, mana mau".
Ehhh tong, sebelum lu pada botak slebor sama bob asoy gini, kita-kita udah ngerasain duluan. Bahkan mungkin latihannya lebih parah. Karena disadari atau ngga semakin kesini porsi latihan beda dengan yang dulu. Kalo ngga percaya coba tanya seniornya. Paling jawabannya gini.
"Angkatan kalian tuh masih untung, coba dulu angkatan akang/teteh bla...bla...bla...".
Nah kalo si untung udah dibawa-bawa berarti bener tuh. Hahaha

3. Belum waktunya gebet menggebet
Ingat tugas kita untuk dibina disini, negara udah ngucurin banyak dana demi terlaksananya pengibaran yang baik dan sempurna. Dari mulai PDL sampe PDU, makan dll. Oke ke poin 3 diatas.
Pernah denger cinta lokasi? Cinta yang hadir karena lokasi? Iya lo'kasi sih coba ngga lo'kasi, pasti ngga akan ada cinta. Hahaha. Udah ngga aneh namanya cinlok ini. Misalnya si Doi yang keliatan biasa aja sebelumnya entah kenapa pas lagi gerakan jalan ditempat terlihat lebih manis, lebih cantik, lebih greget-greget gimana gitu. Belum lagi senyumnya. Itu baru aba-aba jalan di tempat lho ya. Gimana kalo di kasih aba-aba jalan di CCM? *ehh kode. 

Disatu sisi ini bagus buat dijadiin motivasi untuk semangat latihan. Tapi disisi lain ini juga berakibat jelek. Gimana kalo misalnya kita naksir doi eh temen juga naksir doi dan doi merespon sinyal temen kita. Beuhhhhh apa ngga kebakaran jenggot? Eh ngga ada jenggotnya deng lupa. Bikin ngga konsen dan yang ada hawa makin panas aja bawaannya. Udeh panas terbakar matahari ditambah panas hati terbakar api cemburu. Hahaha kok jadi curhat? Pokoke intinya selama latihan ini belum disaranin ya buat gebet-menggebet kecuali udah selesai tugas pengibaran and penurunan. Emang hak kalian sih, saya mah cuma nyaranin aja. 

4. Jadikan orang tua atau mereka yang disayang untuk bahan bakar semangat kamu.
Yup, terutama orang tua. Kebayang belum gimana bangganya orang tua kalian? Wiiihhh tau sendiri lah namanya orang tua apalagi yang punya emak suka heboh di tongkrongannya, ngga heboh pun berita tentang kalian jadi capaska bakal kesiar seantero negeri.
Belum lagi nanti pas pengibaran mereka diundang untuk ikut upacara sebagai Tamu. Live melihat aksi kalian di lapangan. Bahkan biarpun emak bapak kaga tau nih kalian baris di pasukan berapa karena sadar ngga sadar saat memakai seragam PDU muka kalian bakal mirip semua, apalagi liatnya dari kursi tamu undangan, tetep aja mereka bakalan sumringah. Sambil berdecak kagum dalam hati.
"Emak bangga sama kamu Neng/Tong"
Beuhhhhh, udah ngomong gitu ehh ternyata anaknya dapet tugas penurunan. Hahaha taunya anak orang disebelahnya.

5. Bawa nama baik sekolah.
Di pundak kalian ada malaikat Raqib dan Atid sekarang memikul tanggung jawab yang besar, disitu tercetak dengan tinta transparan nama sekolah masing-masing. Ketika sikap kamu baik, rajin, jarang izin atau nyakit selama Pra-TC itu akan berimbas ke junior kalian nanti saat seleksi penerimaan capaska yang baru. Terlebih keaktifan kalian di PPI selama setahun masa bakti itu hadir terus tanpa cacat absen.
Dan mungkin diterimanya kalian sekarang pun ada sangkut pautnya dengan sikap senior kalian yang baik. Ngga mau kan nanti nama kalian plus sekolah jadi jelek.
"Ohh si Andi yaa yang dari penerbangan itu?".
Tuh kan pasti nyantol nama sekolah dibelakang nama kamu.
Jadi? Bersikaplah baik.

Mungkin segitu dulu aja kali ya ngomogin Pra-TC nya, disambung nanti gw bahas TC trus pengibaran and penurunan.
Semangat latihan buat kalian semua Capaska 2015 dimanapun berada. Baik tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, sampai Nasional.
Kalian semua sama, yang membedakan cuma latihannya dimana dan sama siapa. Plus gengsi juga sih sebenernya. Tapi itu ngga jadi masalah selama yang kita kibarkan tetap Sang Saka Merah Putih.
Merdeka....!!!
Salam Paskibraka
-Trie Andi 2007-






















nb: pagi ini di kamar mess7 bam8. Sambil nunggu cuss ke LTC. 07.31 AM waktu hape kece.
oiya foto diambil dari akun twitter resmi PPI Kabupaten Bogor 

update terbaru (08mei2015):



2 komentar:

  1. Alhamdulilah, terimakasih kang atas isi materinya ..insya Allah sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin.. makasih Teteh udah sempetin buat baca..
      :)

      Hapus