assalamualaikum wr
wb.
"pagii pren.... salam sehat ya
buat pagi ini, "
#mata kedip2 genit.
#mata kedip2 genit.
lagi2 gw akan bahas
sisi tak terlalu terlihat (maksaa bgt bahasanya) didunia penerbangan berdasarkan judul diatas .
'pushback'
mungkin kalian pernah denger istilah dorong pesawat, atau apa gtu yg ada kata dorongnya trus ada kata pesawatnya. yup itu yg kami sebut sebagai pushback.
istilah pushback emng sering didenger apalagi sama orang2 yg emang turun langsung kerja disana, khususnya mereka2 yang kerja berhadapan langsung sama pesawat.
'pushback'
mungkin kalian pernah denger istilah dorong pesawat, atau apa gtu yg ada kata dorongnya trus ada kata pesawatnya. yup itu yg kami sebut sebagai pushback.
istilah pushback emng sering didenger apalagi sama orang2 yg emang turun langsung kerja disana, khususnya mereka2 yang kerja berhadapan langsung sama pesawat.
jadi pushback versi gw = mendorong pesawat terbang dalam posisi parkir menuju ke taxy way/lajur pesawat untuk sampai ke runway/landasan pacu.
biasanya ehh bukan
biasanya lagi malah, pushback itu make mobil tapi bukan mobil umum yg
ada dijalanan macam kijang dll ya, ahahaha yg ada ngeden tuh mobil
dorong2 pesawat yg segitu gede and beratnya bujug buneng bikin geleng2.
semacam
traktor gitu lah pokoknya, jadi mobil ini dirancang khusus emang buat
dorong pesawat, tpi kalo mau dipake buat jalan2 di jalanan umum juga
bisa, malah keren kalo gw bilang, mana besi semua, tampilan sangar,
kasih gambar2 metal gtu apalagi, cumaaaa udah gtu sampe di perempatan
langsung ditilang dh ama bapak polisi, ahahha ngarang bebas.
ni gw kasih gambaran
mobil yg dimaksud.
ini dia yg
dimaksud
nebeng narsis bareng pushback car
ngendarain si
mobil besi ini ga sembarang orang boleh, emang si gampang klo sekedar
bawa, matic boo, tinggal gas langsung serrrrrr, tpi lain cerita kalo
lagi difungsiin sebagaimana mestinya. butuh licensi khusus yg harus
dipegang si joki pushback car, biasa qta sebut dia pushbacker
gitu lohhhh (ahahaha ok gw tau kalimat gitu lohhhnya diapus aja).
keahlian dibutuhkan
oleh si pusbeker ini, dia harus jeli liat jarak celah dan waktu (yaa yaa
gw tau, wktunya diapus aja) supaya pesawat yg didorong nantinya ga
salah arah atau bisa2 nyenggol pesawat lain misalnya dan nabrak pesawat
yg didorongnya. berita macam ini udah pernah kejadian di indonesia.
ok itu sekilas
tentang pushback car dan pusbekernya.
sooooo
buat kamu2 yg naek pesawat coba deh perhatiin pasti didepan pesawat yg
kalian tumpangi ada mobil plus towbar/besi buat dorong plus orang2 keren
berompi warna terang, khususnya yg rompi ijo trus ada tulisan Line
Maintenance and di punggungnya ada tulisan Lion
technic (ahahaha maksa truss) lagi pada ngumpul depan pesawat,
makanya jgn heran kalo di sekitar pesawat itu byk orang, n jangan pernah
berpikiran yg aneh2 nantinya, misalnya
"ni orang2 pada ngapain sih ko
rame bgt? jangan2 gw mau diculik..".
kalo mikir yg kaya gini si wajar
malah diperbolehkan dengan sangat.
"ya
ampunnn si rompi ijo terang kece2 bgt sih gayanya". ahahha lagi2 ngarang
bebas.
terakhir, saat pesawat mundur dan diam beberapa saat coba deh
buat nengok keluar jendela sebentar, kalo kebetulan qmu2 duduknya pas
deket jendela, nahhhh disana kalian bakal liat 2 atau 3 orang yang jalan
menjauh dari pesawat (liat juga yg pake headset, itu wajib, hha) plus
mobil pushback, itu tandanya mereka telah menyelesaikan tugas, perhatiin
aja kalo ada yang dadah2 kalian bales dadah aja, buat seru2an gtu,
kenal ga kenal yaa cuek aja, hahaha. dan paling terakhir pesawat kalian
siap untuk melaju ke runway dan terbang ke tujuannya.
ok, informasi singkat
yg penting ga penting si sebenrnya.
tpi lmayan buat nambah wawasan anda tentang
dunia penerbangan yg memang minim orang lain tau.
=)
nb:
pulang gawe depan tipi di kossan lagi kossan lagi..
(pengen pulaang)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar