Kamis, 15 September 2011

mobil dorong pesawat? emang bisa?

assalamualaikum wr wb.
"pagii pren.... salam sehat ya buat pagi ini, "
#mata kedip2 genit.

lagi2 gw akan bahas sisi tak terlalu terlihat (maksaa bgt bahasanya) didunia penerbangan berdasarkan judul diatas .

'pushback' 
mungkin kalian pernah denger istilah dorong pesawat, atau apa gtu yg ada kata dorongnya trus ada kata pesawatnya. yup itu yg kami sebut sebagai pushback.
istilah pushback emng sering didenger apalagi sama orang2 yg emang turun langsung kerja disana, khususnya mereka2 yang kerja berhadapan langsung sama pesawat.

jadi pushback versi gw = mendorong pesawat terbang dalam posisi parkir menuju ke taxy way/lajur pesawat untuk sampai ke runway/landasan pacu.

biasanya ehh bukan biasanya lagi malah, pushback itu make mobil tapi bukan mobil umum yg ada dijalanan macam kijang dll ya, ahahaha yg ada ngeden tuh mobil dorong2 pesawat yg segitu gede and beratnya bujug buneng bikin geleng2.
semacam traktor gitu lah pokoknya, jadi mobil ini dirancang khusus emang buat dorong pesawat, tpi kalo mau dipake buat jalan2 di jalanan umum juga bisa, malah keren kalo gw bilang, mana besi semua, tampilan sangar, kasih gambar2 metal gtu apalagi, cumaaaa udah gtu sampe di perempatan langsung ditilang dh ama bapak polisi, ahahha ngarang bebas.
ni gw kasih gambaran mobil yg dimaksud.

 ini dia yg dimaksud


nebeng narsis bareng pushback car
 
ngendarain si mobil besi ini ga sembarang orang boleh, emang si gampang klo sekedar bawa, matic boo, tinggal gas langsung serrrrrr, tpi lain cerita kalo lagi difungsiin sebagaimana mestinya. butuh licensi khusus yg harus dipegang si joki pushback car, biasa qta sebut dia pushbacker gitu lohhhh (ahahaha ok gw tau kalimat gitu lohhhnya diapus aja).

keahlian dibutuhkan oleh si pusbeker ini, dia harus jeli liat jarak celah dan waktu (yaa yaa gw tau, wktunya diapus aja) supaya pesawat yg didorong nantinya ga salah arah atau bisa2 nyenggol pesawat lain misalnya dan nabrak pesawat yg didorongnya. berita macam ini udah pernah kejadian di indonesia. 
ok itu sekilas tentang pushback car dan pusbekernya.

sooooo buat kamu2 yg naek pesawat coba deh perhatiin pasti didepan pesawat yg kalian tumpangi ada mobil plus towbar/besi buat dorong plus orang2 keren berompi warna terang, khususnya yg rompi ijo trus ada tulisan Line Maintenance and di punggungnya ada tulisan Lion technic (ahahaha maksa truss) lagi pada ngumpul depan pesawat, makanya jgn heran kalo di sekitar pesawat itu byk orang, n jangan pernah berpikiran yg aneh2 nantinya, misalnya 
"ni orang2 pada ngapain sih ko rame bgt? jangan2 gw mau diculik..".
kalo mikir yg kaya gini si wajar malah diperbolehkan dengan sangat.
"ya ampunnn si rompi ijo terang kece2 bgt sih gayanya". ahahha lagi2 ngarang bebas.

terakhir, saat pesawat mundur dan diam beberapa saat coba deh buat nengok keluar jendela sebentar, kalo kebetulan qmu2 duduknya pas deket jendela, nahhhh disana kalian bakal liat 2 atau 3 orang yang jalan menjauh dari pesawat (liat juga yg pake headset, itu wajib, hha) plus mobil pushback, itu tandanya mereka telah menyelesaikan tugas, perhatiin aja kalo ada yang dadah2 kalian bales dadah aja, buat seru2an gtu, kenal ga kenal yaa cuek aja, hahaha. dan paling terakhir pesawat kalian siap untuk melaju ke runway dan terbang ke tujuannya.

ok, informasi singkat yg penting ga penting si sebenrnya.
tpi lmayan buat nambah wawasan anda tentang dunia penerbangan yg memang minim orang lain tau.
=)

nb: pulang gawe depan tipi di kossan lagi kossan lagi..
(pengen pulaang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar