Jumat, 17 Juli 2015

Karena Senyummu, Semangatku...

Bekerja itu ibadah. Kalo niat kita baik untuk mencari nafkah maka pahalanya bakal gede. Jadi jangan suka ngeluh tentang kerjaan itu sendiri maupun waktu yang terbuang dalam pergumulan kita dengan kerjaan itu.

Di dunia ini, pekerjaan dibagi menjadi 2 tipe.
1. tipe 36, kamar 2 plus kamar mandinya didalem. Hahaha becanda.
1. Tipe office hour, yang kerjanya itu bisa dari senin-jumat atau senin-sabtu.
Contoh: pegawai negeri, dan beberapa perusahaan yang menerapkan sistem itu.
Atau,
2. Tipe shift-shiftan, yang kerjanya itu berdasarkan pembagian waktu atau hari tertentu.
Contoh: ditempat ane sekarang shiftnya 2-2 alias 2 hari masuk dan 2 hari libur dengan masa kerja perharinya 12 jam.
Bisa juga 4-2, 5-1, dll suka-suka yang ngatur jadwalnya aja.

Nah suka duka jadi pekerja tipe shift-shiftan adalah,
Sukanya itu kita punya waktu libur lebih bebas dari orang-orang office hour. Jadi ngga terpaku sabtu-minggu aja. Apalagi shift di CGK ini. Beuhh kerja baru sebentar tau-tau udah libur lagi. Malah tetangga aja sampe bingung. Ni anak kerja apaan sih kok dirumah mulu. Kwkwkw..

Dukanya itu misal kita ada acara di hari minggu dan ternyata hari itu kita masuk, jadi lah kita ngga bisa ikut acaranya. Ni dulu sering banget kejadian (ya illah sob dulu, dasar orang dulu. Hahaha). Iya ni sering banget kejadian kalo pas temen sekolah atau temen mana aja ngajak buat ketemuan, reuni kecil-kecilan. Paling susah buat ngepasin waktunya. Karena kebanyakan mereka itu penganut sistem orang normal yang waktu kerjanya itu ngga nentang kodrat kita sebagai manusia. Coba aja bayangin. Disaat orang tidur pules ehh kita kerja malem-malem. Pulang pagi. Banci aja kalah shiftnya. Dia pergi malem pulang pagi. Lah ini dari sore sampe pagi lagi. Hahaha curhat tong?

Dan ini dia duka yang banyak dialami orang-orang penganut sistem shift.
Libur hari raya tapi dapet jatah masuk kerja.
Beuhhhhh.. 

Contohnya banyak kok berserakan disekitar kita. Ada pegawai minimarket, petugas di stasiun. Mulai dari security, penjaga tiket, sampe masinisnya. Pegawai rumah sakit, staf bandara, mba-mba cakep yang kerja di bioskop. Mas-mas office boy juga ngga ketinggalan. Sopir omprengan cawang-bandara yang tiap lebaran suka minta jatah THR dengan menaikan tarifnya khusus pas lebaran.
Operator-operator diseluruh indonesia, mulai dari petugas SPBU sampe yang nerima kring-kring aduan di provider kartu selulernya. 
Dan banyak lagi yang ngga bisa disebutin satu-satu.


Ilustrasi
Mereka kerja dan rela membagi waktunya seperti itu karena apa? karena ingin memberikan pelayanan terbaik.
Maka momen lebaran ini bila ketemu kita yang dengan kucelnya pulang kerja atau sedang bekerja sangat pas bila mendapat senyuman dari kalian yang asik menikmati libur panjang ini. 
Kita ngga perlu disapa atau dikasihani. Tapi senyuman anda sangat berarti.
Jangan dijutekin. Pernah ngga kebayang betapa susahnya kalo kita semua libur bareng.

"Kalian mudik mau pake apa? Jalan kaki".
"Kan bisa pake mobil atau motor!".
"Terus bensin abis dijalan mau diisi pake apa? Aer ketuban?, masuk tol yang jaga pintunya siapa? Tuyul?, kalo ban kempes atau bocor dijalan yang mau nambal siapa? Dan bla bla bla lainnya".

Kejadian kaya gitu baru banget gw rasain tadi pagi pulang kerja. Di stasiun cilebut. Nih gw juga heran, lebaran-lebaran bukannya dipake buat ajang silaturahmi atau diem kek dirumah makan ketupat sama opor ayam sampe bulet. Ini malah pada jalan. Perasaan hari esok masih ada deh. Lha ini baru banget paginya shalat ied ehh tau-tau yang nongkrongin di stasiun udah bejubel. Hahaha. Hak sih tapi kan baiknya ditunda dulu. Belum lagi emak-emak bawel yang suka nyerocos seenak udelnya kalo ngomong kaga disaring. Kan kasian petugasnya yang udah rela bantuin, istilahnya men-service calon penumpang biar perjalanannya menyenangkan. Malah diomelin. Ckckck.
Ga tega liat mba-mbanya. Mana cakep lagi. *ehh

Kalo ngomongin kerjaan temen-temen di bandara juga ngga kalah nasibnya.
Teknisi dari pagi sampe sore, sore sampe malem, udah berkutat aja sama kerjaannya buat memastikan pesawat dalam kondisi safe for flight.
Pilot pun demikian, rela ninggalin keluarganya demi apa? Demi mengantar pemudik sampe tujuan. Dengan sangat hati-hati mengemudikan pesawatnya yang keselamatan dan kenyamanan pemudiklah yang jadi prioritas.

Pramugari dan pramugara, yang dengan ikhlasnya mereka bekerja memberi service yang baik kepada penumpang. Dengan senyumnya yang tulus walau dalam hati kadang menangis menjerit dan meronta sambil nyanyi,

"Pulangkan sajaaaa, aku pada ibuku atau ayahkuuu..".

Petugas pasasi yang juga sibuk mengatur penumpang harus dimana dan kemana, 
Security yang siap menjaga keamanan di area tempat pemudik bersiap sebelum terbang.
Sampe abang-abang porter yang rela kerja banting tulang, ngangkat bagasi pemudik yang kadang segede-gede gaban, beratnya masya Allah..

Kebanyakan kami jauh dari keluarga, pacar atau gebetannya yang tadinya niat lebaran bareng ehh ga jadi gara-gara schedullenya mewajibkan untuk bertugas. Apalagi yang rumahnya jauh dari home base. 

Maka, berikan senyum terbaikmu di hari lebaran ini dimanapun anda berada.
Mungkin itu sepele. Tapi senyum memiliki sejuta arti bagi kami.

See you, selamat mudik,
Selamat lebaran.
And have a nice flight..

Nb: dikantor alpha, restroom sambil nunggu sketan.
08.23 PM waktu hape kece.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar