Kamis, 20 Oktober 2011

pesawat delay, kenapa sih? ngerepotin aja.

Apa yang ada di benak anda ketika anda mendengar kata2 seperti ini di ruang tunggu keberangkatan ketika anda akan melakukan perjalanan keluar kota atau keluar negeri (misalnya).
"maaf penerbangan maknyus air tujuan jakarta mengalami keterlambatan, diharap sabar menanti karena orang sabar disayang Tuhan". (hehe...)

gw yakin kalian pasti bakal dongkol abis, entah sama maskapainya ataupun sama nasib kalian yang emang lagi apes hari itu. biasanya disituasi kaya gini yang sering jadi korban pelampiasan adalah temen2 pasasi dkk yg berhubungan langsung sama penumpang(itu lohh petugas yang pake baju putih n bawahan item trus pake bar warna merah polos n kadang ada garisnya, pokoknya keliatan kaya seragam anak paskibra. haha) . yup temen pasasi emang sering kena omel penumpang. kadang gw juga heran sama penumpang, marah si marah tapi yaa sewajarnya lah.emang sih masing2 dari qta punya urusan yg beda2, ada yg buru2 juga ada yg selow n melow.

disini gw ga akan bahas tentang pasasi grup dan seputar dunia mereka. tapi yg mau gw bahas adalah delay dilihat dari pandangan mata kece gw, (hahaha maksa emang bahasanya).
ok.
delay, menurut kalian apa sih yg nyebabin penerbangan itu bisa delay atau bahasa kerennya ngaret?.
banyak faktor emang yg bikin delay, skarang gw kelompokin jadi 2 apa aja penyebabnya.


1. non teknikal
2. teknikal

ambil contoh misalnya faktor teknikal. (karena yang gw tau mereka lebih sering ngambil kata "teknikal" untuk memberi penjelasan keterlambatan).
kalo gw jadi penumpang pasti bakal mikir gini.
"asemmmm pesawat rusak apanya ya?"
"masa rusak mulu?"
"duhhh ko bisa ada kerusakan sih. wahhh jangan2 pesawat bekas kompeni ni yang gw naekin".
.hahaha ngarang bebas.

well guys, gw kasih sedikit bocoran. faktor teknikal emang ada dan kadang byk terjadi.
pesawat itu bukan bus atau kapal laut, yang mana kendaraan di darat ataupun laut ga terlalu riskan kalo ada masalah, taruhlah trouble ban bocor atau mesin, tinggal minggir trus oprek2 smpe beres langsung jalan lagi. kalo kapal laut mogok masih bisa ngapung di laut. nah kalo pesawat mogok? mau minggir kemana? awan? emang ini di pelem doaremon yang bisa bikin istana diatas awan. haha.
itulah kenapa masalah teknikal ga bisa ditoleransi lagi. jadi sabar yaa kalo emang penerbangan kalian punya masalah teknikal. ini semua kami (ceilehhhhhhhhh kami) lakukan demi keselamatan qta bersama. kalian yg terbang supaya selamat smpe tujuan, crew udara yg bawa pesawat n melayani kalian selama di pesawat dan juga keselamatan kami dari  hukum yg berlaku di negara ini tentang keselamatan transportasi (ehhhhhhmmmm keren bgt kaya'a), yg terakhir yaa untuk tetep bisa buat dapur ngebul (hahahaha gw tau ini ngarang bebas).
nahh di pesawat ini ga semua kegiatan teknikal keliatan sama mata penumpang. kenapa? misalnya ada suatu sistem yg rusak, nahhh disana qta bakal ngedandanin tpi yaaa ga perlu bawa alat2 berat misalnya obeng atau apalah karena emng yg dikerjain itu ada di dalem cockpit sndiri atau ditempat lain yg ga diluar body pesawat.
jadi pilih mana? nunda penerbangan sementara atau ada apa2 selama penerbangan? astaghfirullah semoga qta ga ngalamin hal2 yg kaya gtu ya. amin.

 poto2 abis gawe pas puasa di upg ceria, hhe


BM grup abis masuk malem ni, di parkiran motor bandara Soetta. 


selain masalah teknikal ada lagi masalah yg lain, non teknikal.
non teknikal bisa disebabkan beberapa faktor.

ada faktor cuaca di kota tujuan yang nyebabin pesawat sulit buat landing dan akhirnya ambil jalan lain untuk mendarat alternatif di kota lain demi keselamatan. istilah ini disebut juga divert.
contoh: pesawat dari jakarta mau ke makassar, nah ditengah jalan ditilang polisi tiba2 cuaca di makassar mendadak buruk rupa dan bandara di close, maka alternatifnya divert ke bandara terdekat, balikpapan misalnya. nahhh ini juga jadi penyebab delay untuk penerbangan selanjutnya dari makassar ke tujuan lain yg menggunakan pesawat divert trsebut.

faktor keterlambatan air crew. ini juga ga bisa dipungkiri sebagai penyebab delay. kenapa? yaaa bisa jadi crew itu terjebak macet diperjalanan menuju bandara dari tempat mereka menginap, atau bisa juga hal yang lain, misalnya telat bangun tidur atau yg lainnya yg ga gw tau. (hmmm maklum saya bukan air crew jadi ga tau byk, hhe piss yaaa).

ada juga faktor holding, jadi gini, saat pesawat qta udah mau sampe tujuan, tiba2 si mba2 pramugari yg cakep2 itu bilang, "para penumpang yang terhormat kami mohon maaf karena qta akan berputar sebentar dikarenakan ada bla bla bla.." nah biasanya dibandara tujuan itu lagi close/tutup karena faktor cuaca (dan emang parah bgt kalo cuaca buruk itu, kebetulan waktu lagi dines di makassar sempet ngeliat langit kaya'a horor banget), atau ada latihan militer, biasanya menjelang ulang tahun TNI atau hari penting lainnya, jet sukhoi AURI sering sliweran latihan (di makassar), dan ini yg sering bikin gw berdecak kagum, keren liat pesawat bisa jungkir balik jumpalitan kesana kemari. hahaha curhat.

faktor patunggu-tunggu. ini bahasa karangan gw sendiri. hahaha.
jadi ini yg sering terjadi dijakarte, kenapa dijakarte? karena disana adalah pusatnya, semua pesawat dari daerah pasti larinya kesana, coba disimak tulisan gw.
di jakarta semua orang boleh duduk sama rata tinggi beda2 tujuan beda2. ada yang mau ke purwokerto jogja, medan, ambon, dll yg ga mungkin gw absen semua nama daerahnya.
ada 3 penumpang sebut aja namanya trie, andi, sama suharso (promosi nama pribadi).
mereka terbang bareng dari makassar dengan tujuan yg berbeda2,
si trie mau ke bogor aceh, si andi mau ke jogja, nah si suharso mau ke semarang.
karena statusnya transit maka mereka mampir di jakarta, nyampe disana ternyata cuma andi yang nunggu paling lama karena pesawat yang mau ke jogja delay di station sebelumnya, ditambah lagi penumpang tujuan jogja dari kota lain, misalnya medan yg telat 20 menit, otomatis pesawat ke jogja ini harus nunggu karena ini penerbangan terakhir yg kesana misalnya, nahh dari delaynya satu pesawat inilah yg akhirnya merembet ke penerbangan tujuan lain yang emang rute pesawat itu.

nah faktor ter update yg baru2 ini kejadian di makassar adalah rusaknya sistem komunikasi dari ATC (Air Traffic Control), selama beberapa jam pesawat tidak ada yg take off dan landing karena para pilot tidak bisa berkomunikasi dengan menara control. jadi yaa delay deh.

faktor lainnya si ada juga, cuma ngetiknya pegel ah, hahaha.
jadi itulah sepetik berita seputar delay dari gw, yaaaa ni berdasarkan pengalaman pribadi aja, apa yg gw liat yaa gw ceritain, semoga jadi info yng bermanfaat buat temen2 semua.
jadi jangan terlalu dongkol lah sama delay, emang ini yg terjadi, toh ini juga demi keselamatan qta semua, kalopun ada kesalahan dari suatu maskapai yaa kasih saran dan kritik,insya Allah itu bisa membangun apa yg kurang untuk diperbaiki lagi, karena sebagai penumpang kan qta punya hak2 yg harus dipenuhi sama pihak jasa penerbangan ini juga. oiya jangan jadi orang yang "lucu" juga, coz gw sering denger cerita dari segelintir orang yang bilang gini.

"ahh saya kapok naik prikitiw air, suka delay, raja tega, ga dapet ini itu. besok2 mah ga mau naik lagi. ampunnn d-j".
ehhh tau2 pas butuhnya mah naik ke maskapai itu lagi. hahhaa.

ada lagi yg pernah bilang gini depan gw sendiri (yg kebetulan lagi ngobrol asik sama mba pramugarinya, haha). kebetulan wktu itu emang abis ngerjain trouble bareng senior2 sama temen2.
"(ngomel ke pramugari) mba gimana sih, udah satu setengah jam saya nunggu, saya ada keperluan bla bla bla"
busett dah ini ibu2 kga ngertian amat ya, tar kalo ada apa2nya sama ni pesawat pas terbang gimane, kalo mau buru2 ke tujuannya mah terbang aja sndiri naek awan kintonnya songoku. hahaha.


ok guys, info dari gw sekian dulu ya,
mau ngasih pesen aja, sebelum berangkat itu utamakan berdoa, minta pertolongan n perlindungan sama Allah SWT (buat temen muslim) selama perjalanan, semoga ga ada halangan apapun.
tetap terbang bersama kami. "we make people fly".

narsies bareng si eko edi. wkwkwkw

iklan, hahaha
=)

nb: di kantor UPG ceria, pagi2 abis handle 798, ga bisa tidur ampe skrng jam stengah 6 wita.
hhe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar