Jumat, 28 Oktober 2011

dapet relokasi/penempatan kerja di daerah? slow aja beybeh...haha

-bersedia ditempatkan dimana saja-
bahasa kerennya RELOKASI atau PENEMPATAN ke daerah.
hmm guys, mungkin ga semua orang peduli sama butir ini di surat perjanjian kerja yg kalian tanda tangani.
atau bahkan ga tau n ga ngeh sama sekali kalo ada butir ini, yg penting tanda tangan n gw bisa kerja.
coba gw tanya, pernah ga terbersit kalo butir ini kelak akan jadi nyata, yang artinya kalian bakal ditempatin diluar daerah.
okelah kalo daerah itu pernah kalian kenal, atau mungkin daerah itu kebetulan emang deket sama kampung halaman kalian.
tinggal naik bis atau kereta atau angkot atau motor atau apalah trus sejam duajam tigajam empat jam nyampe deh di kampung. itu yg gw maksud masih mending.
dan hebatnya,relokasi di dunia penerbangan itu jangkauannya luas guys, mainannya bukan dalam provinsi lagi, tapi antar provinsi dan antar pulau, mulai dari aceh sampe ambon, coz jayapura blum ada n moga aja ga ada, tapi kalo orang lokal ada yg ngajuin ya gpp. hhe.

sekarang coba kalian bayangin. lagi semangat2nya kerja hari ini (anggep mood lagi baik) begitu sampe dikantor tiba2 di papan pengumuman kantor ada nama kalian dipampang. diatas kertas warna putih ukuran A4 yg isinya bilang kalo kalian akan di relokasi ke daerah yang sama sekali asing buat kalian.
kira2 apa yg terjadi?
pasti langsung terbersit pemikiran di kepala kalian masing2,

"apes banget sih nasib gw".
(sambil meratap n narik ingus yg tau2 keluar dari idung).
"alamakk bisa jadi duda sementara nih, trus gimana caranya gw ngapelin si doi?".
(ini yg udah punya pacar).
"mimpi apa gw semalem?".
(ini orang yg masih berat buat nerima kenyataan).
"asikk, tempat baru kecengan baru, ahaha".
(gw rasa ini orang gila dh, hha).

ahahaha yang byk terjadi adalah, bagai disamber petir di malam bolong sodara2,
kaki yg tadinya kuat berdiri tau2 udah kaya digetok palu, lemes n gemeteran.
mata yang tadinya biasa aja n kedip normal, tau2 udah kicep2.
muka yang tadinya manis kaya gw buah apel, tau2 jadi sepet n asem kaya buah mangga yg blum mateng.
pembawaan yang tadinya ceria tralala, tau2 diem aje kaya orang kelilit utang.
tatapan jadi sayu, langkah jadi gontai, kerja hari itu jadi ogah2an. yaa mirip2 pecandu narkoba lah (NAsi Rames KOpi BAla-bala). hha.
pengalaman pribadi gw sih,
sempet sakit sehari. hhe


sebenernya gmpang biar qta ga jadi di relokasi n ngilangin itu kertas pengumuman di papan
, tinggal clingak-clinguk kiri kanan, begitu ga ada orang langsung ambil tu kertas, remes2 jadi kecil, masukin kantong, trus buang ke tempat yg ga da orang tau, atau biar lebih ga berbekas ambil korek n bakar, abunya tebarin ke empat penjuru mata angin.
taaaaaaaapi... (biar lebih keren, ulang lagi tapinya)..
satu, dua, tiga.....
taaaaaaaaaaaaaaaaapiiii..
ga segampang itu guys, mau tu kertas lu remes2, lu robek2, lu bakar ampe ga bersisa, lu telen bulet2, tetep aja nama lu udah tercetak di lauful mahfudz catatan beliau2 yg bertanggung jawab.
nahhhhhhhh itu buat mereka2 yang emang blum siap buat yg namanya relokasi.

pertanyaan:
"gmana sama mereka yg emang sengaja minta relokasi demi karier? misalnya. atau mereka yang emang orangnya cuek, dilempar (relokasi -red) kesana hayuu, dilempar kesini hayuu, kemana-mana hatinya senang lah pokoknya?".
jawab:
"itu sihh ga akan gw bahas. hha".

tambahan:
menurut survei dadakan dari gw, jawaban beberapa temen yg gw tanya apa reaksi pertama wktu tau kalo dia di relokasi adlah...
nangis.
bukan cengeng atau gimana guys, emng itu lah yg terjadi, okelah ga semua kaya gtu, tpi gw yakin tuh biarpun ga nyampe nangis, tpi sedih si pasti.

pertanyaan:
ahahaha, kayaknya tragis bgt ya yg namanya relokasi, padahal ga ada bedanya loh, kerja sama aja, paling tempatnya aja yg beda.
jawab:
eitsssss ga semudah itu ternyata guys,
qta harus ninggalin keluarga, dalam hal ini adalah orang tua.
ninggalin istri n anak buat mereka yg udah punya.
ninggalin kebiasaan2 yg qta lakuin selama qta tinggal dirumah.
ninggalin temen2 yg asik diajak kongkow saban qta libur.
ninggalin2 tempat nongkrong yg biasa qta satronin,
ninggalin peradaban yg udah biasa qta temuin,
dan ninggalin2 yg lain dh pokoknya.
disana guys.
(sekali lagi ah)
disana guyssss..
banyak hal baru yg beda dan beda banget.
(ehh iya maksud gw di lingkungan tmpat tinggal yg baru ya, bukan di tempat kerja, krena kalo di tempat kerja sih sama aja atmosfirnya, kecuali qta emang ditempatin didaerah kecil yg partner kerjanya cuma satu atau dua orang, itu beda lagi. jadi yg gw bahas disini adalah lingkungan di tempat qta tinggal).
yang gw rasain ditempat baru ini jauhhhhhhh dari apa yg ada diplanet asal gw tinggal dulu (haha agak lebay emang bahasanya).




tapi dari itu semua gw bisa belajar kalo dimanapun qta tinggal, qta harus tetep junjung tinggi tatakrama n sopan santun. mau apapun suasananya, apapun kebiasaan yg ada disana.
karena beda tanah beda juga padinya (sumpah ini gw ngarang loh peribahasanya).
jadi demi menjaga ketentraman dan kenyamanan qta tinggal di tempat baru yaaa kaya yg gw bilang tadi, jaga tatakrama dan sopan santun.



foto pertama kali stay di makassar. hhe
dari stay jadi relokasi.


4 orang yg beruntung relokasi ke makassar.
dari kiri: ilman, barkah, gw, n pras baju biru. (suryadi lagi gawe jdi g diitung)
oiya ini acara santap kuliner 'coto makassar'  with mas ridho n bang adnan.

sohib gw yg lebih beruntung (udinese), alias ga jadi relokasi. tadinya dia mau dikirim ke jogja. 
asik tuh padahal di jogja.

gw lagi deh, mejeng dulu ah. haha

kossan.
huahhh rasanya kaya mati kutu kalo udah hari libur trus ga ada acara buat jalan sama temen kerja disini. malah temen gw ada yg bilang gini.
"anjirrr udah kaya bangke aja gw, tidur mulu"
"libur = madang ngising turu"
"libur = bertapa"
"libur = mending gw kerja dah daripada libur"
kalo kebetulan ada planning buat rekreasi n refreshing sih okelah, libur juga jadi nyenengin.

hikmah relokasi.
yawda lah, bukan maksud hati ngeluh, cuma yaa pengen berbagi cerita aja.
lagi pula relokasi itu pasti ada hikmahnya guys,
kalo dari gw pribadi sih.
qta bisa tau daerah lain kaya gimana.
perbedaan yg ada bukan dijadiin keluhan, tapi jadiin pelajaran.
trus bisa ngelatih kepribadian qta jadi lebih baik.
bisa juga dijadiin ajang buat ngelatih kemandirian.
bertahan. yup, ngelatih qta seberapa kuat qta bisa bertahan di kondisi yg kaya gini.
lagian ini juga bisa jadi tempat buat latihan sebelum qta tinggal di negara lain, contoh Belanda atau Korea gtu. yang jelas2 jauh lebih beda budaya adat dan bahasanya.
hahaha, kapan yaa bisa kesampean kesana? pasti bisa. amin ya Allah ya Rabbi. (nyemangatin diri sendiri).

moga manfaat ya guys.


nb: dikantor upg. sambil nunggu preflight.


2 komentar:

  1. okey guys'....!!
    "not bad" laah.....

    thank's 4_ever



    _☻/ ~.WeLcoMe.~\☻_
    < ▌--♦♦♦♦To♦♦♦♦--- ▌>
    _/ \_UPG_CERIA_/ \_

    ......2nd.......

    BalasHapus
  2. hahaha.
    thx buddy..

    btw ditunggu sama pak taufik di upg ceria abis lulus nanti katanya.
    hha.

    =)

    BalasHapus